get app
inews
Aa Read Next : Kecam Aksi Genosida Di Gaza, Sultan Dorong Parlemen OKI Desak Sanksi Israel

Kisah Meera Albaba, Desainer Asal Gaza Palestina yang Menginspirasi

Senin, 13 November 2023 | 13:16 WIB
header img
Meera Albaba  desainer asal Gaza, Palestina kehadirannya begitu menginspirasi. Kisah sosok Meera ini pun diungkap dalam thread di akun Twitter, @miucclamuse.

JAKARTA, iNewsTangsel.id - Meera Albaba  desainer asal Gaza, Palestina kehadirannya begitu menginspirasi. Kisah sosok Meera ini pun diungkap dalam thread di akun Twitter, @miucclamuse.

Akun tersebut menceritakan kisah Meera, seorang desainer asal Palestina yang berhasil membuat rancangan busana bernama Meera Adnan dengan turut menyuarakan kisah Gaza sebagai kota yang dikepung Israel.

“Gaza adalah kota yang indah dan hangat dengan arsitektur dan pantai yang menawan. kami juga memiliki reruntuhan, kamp pengungsi, kemiskinan dan kekurangan gizi yang diterapkan secara sistematis pada kami,” kata Meera, dikutip MNC Portal Indonesia, Senin (13/11/2023).

Didirkan pada tahun 2020, Meera Adnan adalah merek clothing unisex kontemporer yang fokus utamanya adalah “merebut kembali narasi dan dipengaruhi oleh referensi agama, politik, dan lokal yang menceritakan kisah pribadi dari ‘kota yang dikepung’.”

Pada setiap pakaian, merek ini menggabungkan beberapa elemen teknik atau elemen desain Palestina. Untuk koleksi terbarunya, Migrasi, brand ini berkolaborasi dengan Deerah, brand yang khusus memproduksi bordir Tatreez hasil desain para pengungsi Palestina di Yordania.

Tatreez sendiri adalah bentuk sulaman silang tradisional yang berasal dari Palestina dan sudah ada sejak berabad-abad yang lalu. Tatreez pun sering digunakan oleh perempuan Palestina sebagai cara untuk mengekspresikan pengalaman mereka terutama sejak pengungsian paksa pada tahun 1948. 

Ketika bendera Palestina dilarang, tatreez digunakan sebagai cara perlawanan dengan memasukkan motif tradisional dan bendera Palestina.

Sosok Meera pun dengan cerdas merancang busana yang juga menyiratkan makna mendalam tentang Palestina. Koleksi terbaru itu dimaksudkan untuk mencerminkan Palestina dan keadaan pengungsiannya serta menampilkan perpaduan teknik modern dan tradisional.

Tujuan utama meera dengan merek ini adalah untuk menghidupkan kembali industri tekstil Palestina dan menciptakan lebih banyak ruang bagi para desainer dan kreatif Palestina. Meera bangga dengan kotanya dan warisan budayanya dan hanya ingin membaginya dengan dunia. 

Di sosial media Instagram-nya, Meera pun aktif menyuarakan keadilan untuk kota tercintanya. Sampai saat ini, Meera pun kerap mengunggah apa yang terjadi di Gaza di halaman Instagram-nya.

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut