get app
inews
Aa Read Next : KI Pusat Beri Catatan Pelaksanaan Keterbukaan Informasi 2023

185 Badan Publik Lolos Uji Publik, Kluster PTN Persentase Terendah

Jum'at, 24 November 2023 | 15:16 WIB
header img
Komisioner KI Handoko Agung Saputro (duduk) selaku penanggung jawab Monev BP 2023 bersama tim penguji Yosep Adi Prasetyo saat pertemuan teknis dan pembukaan uji publik di BSD city Tangerang Selatan, Jumat (24/11/2023). Foto: Ist

SERPONG, iNewsTangsel.id - Sebanyak 195 badan publik yang lulus uji publik, dengan persentase terendah pada perguruan tinggi negeri. Komisi Informasi, KI Pusat RI sedang mengevaluasi keterbukaan informasi publik di Indonesia.

Donny Yoesgiantoro selaku Ketua KI Pusat, menegaskan bahwa dari 372 badan publik yang dimonitor, hanya 195 yang lolos uji publik setelah melewati proses penilaian.

Dari jumlah tersebut, 48 di antaranya adalah perguruan tinggi negeri (PTN), yang merupakan persentase terendah dalam kelompok badan publik yang lolos uji publik. Hal ini mencerminkan tantangan aksesibilitas informasi di badan publik, yang penting untuk memenuhi hak asasi masyarakat atas informasi yang dijamin oleh undang-undang.

Handoko Agung Saputro dari KI Pusat menyoroti rendahnya persentase PTN yang lulus uji publik, menyatakan perlunya peningkatan pengelolaan dan layanan informasi publik di PTN. Menurutnya, jika semua PTN dapat meningkatkan transparansi informasi mereka sesuai dengan Undang-Undang 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, hal itu akan berkontribusi besar dalam mencerdaskan bangsa.

Di sisi lain, ia memberi apresiasi pada Kementerian yang berhasil meloloskan 32 dari 34 Kementerian ke tahap uji publik. Hasil uji publik akan menentukan badan publik mana yang layak mendapatkan penghargaan sebagai badan publik informatif.

Proses uji publik ini melibatkan panelis dari berbagai latar belakang, seperti akademisi, mantan komisioner KI Pusat, LSM, jurnalis senior, dan aktivis keterbukaan informasi. Mereka akan melakukan penilaian selama tiga hari di Jakarta, dengan fokus pada inovasi, strategi, klasifikasi, dan komitmen badan publik dalam pengelolaan dan layanan informasi kepada masyarakat.

Peserta dari PPID badan publik BRIN, Jasyanto, mengungkapkan bahwa teknikal meeting yang diadakan oleh KI Pusat sangat membantu dalam persiapan monev 2023. Informasi dari KI Pusat dan tim juri memberikan keyakinan kepada badan publik dalam menghadapi uji publik mendatang.

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut