get app
inews
Aa Read Next : Tingkatkan Kinerja, Mendagri Tekankan Pentingnya Iklim Kompetitif Antar-Kepala Daerah

Lakon Indonesia Apresiasi Pengrajin Wastra Lewat Koleksi The Tailor Made 01

Kamis, 30 November 2023 | 14:15 WIB
header img

TANGERANG, iNewsTangsel.id - Lakon Indonesia menghadirkan Teras Lakon yang berpusat di kawasan Summarecon Serpong, Tangerang, Banten. Tempat ini menjadi pusat ekosistem sekaligus wadah yang mempertemukan para kreator seni yang bergerak bersama dalam melakukan usaha pelestarian budaya Indonesia.

Thresia Mareta, selaku Founder of Lakon Indonesia mengatakan, berdirinya Teras Lakon melengkapi keseluruhan ekosistem pelestarian budaya yang telah dibangun selama ini.

"Ini juga mengukuhkan Lakon Indonesia sebagai label pertama di Indonesia yang menjalankan usahanya secara profesional dalam pengertian yang selama ini berlaku secara internasional," kata Thresia Mareta di acara peresmian Teras Lakon, Rabu (29/11/2023).

Pada kesempatan tersebut, Lakon Indonesia juga memperkenalkan salah satu koleksi yang merupakan bagian dari ekosisten pelestarian budaya yang diberi nama The Tailor Made 01.

Koleksi The Tailor Made 01 tersebut dipamerkan dalam peragaan busana di Teras Lakon pada malam harinya.

The Tailor Made 01 merupakan koleksi eksklusif karena dibuat khusus untuk mengakomodir pesanan secara khusus yang mulai berkembang pesat dan menjadi salah satu bagian dari bisnis Lakon Indonesia.

“Koleksi ini bisa juga disebut sebagai One of a kind,”ujar Thresia.

Koleksi The Tailor Made 01 terbilang menarik dan unik karena ditangani dengan seksama menggunakan prinsip tukang jahit masa lalu yang tingkat kedetailan tinggi, berbeda dengan koleksi ready to wear yang kuantitasnya lebih besar.

Karena itulah, koleksi ini bisa dikatakan pengerjaannya 100 persen menggunakan tangan oleh para pengrajin wastra.  

“Koleksi ini 100% pengerjaan tangan, kayak pakaian jaman dulu yang dibuat dengan tangan oleh pengrajin penjahit yang memiliki skill yang benar dan detail,” beber Thresia Mareta.

The Tailor Made 01 adalah perjalanan baru Lakon Indonesia sebagai upaya untuk mengapresiasi keterampilan sekaligus memberikan dedikasi kepada tukang jahit masa lalu tetapi dalam bentuk modern dengan management yang professional.

“Laki-laki dan perempuan bisa memesan berdasarkan apa yang sudah kami presentasikan sesuai dengan rasa dan style masing-masing,” terang Thresia.

Sistem order untuk koleksi The Tailor Made 01 adalah berdasarkan koleksi yang sudah presentasikan secara sistematik untuk dapat dipesan oleh customer.

“Melalui koleksi ini, Lakon Indonesia memberikan penghormatan ke prinsip tradisional masa lalu dimana pekerjaan tangan dihargai dengan sangat tinggi mulai dari pembuatan bahan, embroidery, tenun, batik, pemasangan berupa aplikasi yang sangat kuat dari masa lalu,”papar Thresia.

Editor : Hasiholan Siahaan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut