get app
inews
Aa Read Next : Keliling Dunia Sendiri dengan Sepeda Motor Listrik, Pria Ini Tempuh Jarak Lebih dari 42 Ribu Km

Digelar Gratis! Panggung Rakyat: Bongkar Hadirkan Iwa K, Endank Soekamti hingga Jamrud

Jum'at, 08 Desember 2023 | 13:09 WIB
header img

JAKARTA, iNewsTangsel - Aliansi Selamatkan Demokrasi Indonesia (ASDI) menggelar konser musik yang turut melibatkan jejaring komunitas seniman, budayawan, akademisi, mahasiswa, professional, agamawan, aktivis anti KKN, korban pelanggaran HAM, Lembaga Swadaya Masyarakat, dan tokoh masyarakat.

Menariknya, konser bertajuk Panggung Rakyat "Bongkar" yang akan berlangsung pada Sabtu, 9 Desember 2023 ini digelar secara cuma-cuma alias gratis. Konser ini dalam rangka memperingati Hari Anti Korupsi dan Hari HAM (Hak Asasi Manusia) Sedunia. 

Konser dimulai pada pukul 13.00 hingga 21.00 WIB di Stadion Madya GBK, Senayan, Jakarta. Sesuai temanya, acara ini mengusung konsep kolaborasi antara orasi kebangsaan dan konser musik. 

Sejumlah elemen masyarakat mulai dari pegiat HAM, budayawan, pakar ekonomi, tokoh masyarakat, pegiat anti korupsi, akademisi, hingga jurnalis keberagaman akan menyampaikan orasi kebangsaan yang menandakan antusiasme besar terkait perhelatan acara ini. 

"Momen Panggung Rakyat Bongkar ini, semacam kesadaran kolektif antara musisi dengan para aktivis, bersuara tentang kondisi bangsanya, tentang potensi permasalahan bangsa dimasa yang akan datang," kata pakar ekonomi, Faisal Basri, dalam keterangan tertulis, Kamis (7/12/2023).

Faisal yang akan menyampaikan orasi pada acara tersebut menambahkan, "Kami, peduli tentang korupsi, kolusi dan nepotisme. Kami peduli tentang pelanggaran atas hak asasi manusia. Saatnya kami bersatu membangun kesadaran kolektif tersebut," katanya. 

Faisal menambahkan, Panggung Rakyat ‘Bongkar’, sengaja dihadirkan untuk mengingatkan ancaman-ancaman yang ada di depan mata.

“Ini adalah sebuah gerakan kebudayaan. Melalui Orasi dan Konser Musik, kita akan serbu agar rayap-rayap itu, segala sesuatu yang mengganggu, kita bisa menyahkan. Semoga Indonesia yang lebih baik akan terwujud lewat pendekatan kebudayaan ini,” bebernya. 

Adapun konser musik Panggung Rakyat ‘Bongkar’, akan menampilkan line up musisi seperti Kotak, Anto Baret feat Andi Malewa, Endank Soekamti, Tony Q. Rastafara, Jamrud, Deadsquad, Pas Band, Iwa K., Young Lex & Friends, dan para musisi lainnya. 

“Sebagai pelaku seni di musik hiphop, acara ini saya rasa sebagai keperluan gue untuk mengekspresikan yang gue rasakan yang terjadi di kondisi saat ini dan kenapa masyarakat harus hadir itu perlu atas kejadian yang terjadi. Dan ini waktunya kita untuk bersikap di Panggung Rakyat Bongkar,” ujar Iwa K.

Untuk bisa menghadiri acara tersebut, masyarakat bisa terlebih dahulu diwajibkan mengisi form berikut, https://bit.ly/FORMPENGUNDANGASDI 

Namun, untuk kelancaran transportasi pihak berwenang, menganjurkan untuk tidak membawa kendaraan pribadi, melainkan menggunakan kendaraan umum atau ojek online. Selain itu, sebelum masuk ke area Stadion Madya, penonton akan mendapatkan gelang dan dilakukan body checking and bag checking. 

Penonton tidak diperkenankan membawa makanan dan minuman botol maupun minuman kaleng dari luar, karena di area dalam sudah ada 10 booth UMKM yang menjual makanan-minuman.

Editor : Hasiholan Siahaan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut