get app
inews
Aa Read Next : Ganjar Angkat Bicara soal PDIP Usung Anies di Pilgub Jakarta

Survei PatraData: PDIP Unggul di Pulau Jawa

Jum'at, 08 Desember 2023 | 09:23 WIB
header img
Ketiga pasangan calon presiden ini, dan tentu saja ini membuktikan bahwa akan terus terjadi persaingan yang ketat

JAKARTA, iNewsTangsel.id - Merujuk Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2024 yang diterbitkan Komisi Pemilihan Umum (KPU), jumlah pemilih di Pulau Jawa mencapai 115.373.669 orang atau setara dengan 56,33% dari total jumlah pemilih diseluruh Indonesia.

Jika dicermati pada konteks pemilihan presiden dan wakil presiden tahun 2024 mendatang, ketiga kandidat pasangan calon diketahui berasal dari Pulau Jawa.

Hal tersebut tentu akan menimbulkan persaingan ketat antar masing-masing pasangan calon dalam merebut hati pemilih di Pulau Jawa. Rilis hasil temuan survei PatraData yang dilaksanakan pada tanggal 1-5Desember 2023 di Pulau Jawa memaparkan “Memasuki masa kampanye pilpres ini, temuan survei PatraData menunjukan bahwa Prabowo Subianto dengan 36,3% unggul dari Ganjar Pranowo dengan 31,4% dan Anies Baswedan dengan 26,6%. Sementara itu terdapat 5,7% responden yang belum menentukan pilihan.” Ungkap Rezki Adminanda, Manajer Riset PatraData di Kantor PatraData di Jakarta, Jumat (8/12).

Adapun untuk simulasi dua nama calon presiden 2024 secara head to head di Pualau Jawa yaitu Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan, memunculkan nama calon presiden 2024 Anies Baswedan unggul dengan 43,4% dari bakal calon presiden  Ganjar Pranowo dengan 40,3%, dan terdapat 16,3% responden menjawab tidak tahu/ tidak jawab.

Selanjutnya pada simulasi dua

Selanjutnya pada simulasi dua nama atau head to head calon presiden berikutnya, yaitu Prabowo Subianto dan Anies Baswedan, serta Prabowo Subianto dengan Ganjar Pranowo, menunjukan hasil, Prabowo Subianto unggul jauh (62,4%) head to head dengan Anies Baswedan (27,2%). Begitu juga Prabowo Subianto unggul dengan angka 63,3% head to head dengan Ganjar Pranowo yang hanya memperoleh 23,4%.

Editor : Hasiholan Siahaan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut