get app
inews
Aa Read Next : Mantan Presiden Iran: Agen Mossad Israel Berhasil Masuk Kedalam Intelejen Iran

Rudal Iran Hancurkan Markas Intelejen Mossad di Irak, 2 Warga Sipil Tewas

Selasa, 16 Januari 2024 | 09:02 WIB
header img
Rudal Jelajah Iran hancurkan markas intelejen Mossad Israel

Peshraw Dizayee, seorang pengusaha Kurdi terkemuka dan pemilik Falcon Group yang terlibat dalam proyek-proyek besar seperti Empire World, meninggal akibat luka-lukanya sekitar pukul 1:00 pagi setelah rumahnya dihantam oleh sebuah rudal.

Garda Revolusi Iran mengklaim bahwa "tiga pangkalan Mossad" menjadi target pemboman di Erbil, meskipun Pemerintah Daerah Kurdistan (KRG) dengan tegas menolak kehadiran intelijen Israel di Wilayah Kurdistan. Presiden Wilayah Kurdistan, Nechirvan Barzani, minggu lalu menyatakan bahwa wilayah tersebut tidak akan menjadi "sumber ancaman" terhadap Iran.

Pernyataan ini disampaikan di tengah ancaman IRGC untuk melancarkan serangan terhadap Erbil karena diduga menampung pangkalan rahasia Mossad. Pada akhir Desember, juru bicara KRG Peshawa Hawramani menegaskan kembali bahwa tidak ada pangkalan Israel di Wilayah Kurdistan, sehari setelah milisi pro-Iran mengklaim mereka telah menyerang pangkalan Israel di Erbil dengan pesawat tak berawak.

Pada Maret 2022, Iran menyerang Erbil dengan 12 rudal balistik, menghantam kediaman seorang pengusaha Kurdi terkenal. IRGC mengaku bertanggung jawab karena menargetkan "pusat strategis konspirasi dan kejahatan Zionis dengan rudal jarak dekat." Garda Revolusi Iran juga menyatakan bahwa serangan tersebut merupakan pembalasan atas "kejahatan kelompok teroris baru-baru ini dalam membunuh rekan senegaranya yang tidak bersalah di Kerman dan Rask."

Meskipun belum dikonfirmasi, ada laporan bahwa selain menghantam markas agen Mossad, beberapa rudal mendarat di dekat Markas Besar Koalisi Internasional pimpinan AS dan konsulat AS di Erbil. Serangan terjadi pada peringatan empat tahun syahidnya Jenderal Soleimani akibat serangan AS di Bagdad. Iran telah lama mengklaim adanya "pusat spionase" Israel di Erbil dan sebelumnya menembakkan rudal ke sebuah gedung di sana pada tahun 2021.

Editor : Hasiholan Siahaan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut