get app
inews
Aa Read Next : 8 Selebritis Bersiap Duel Tinju di Tengah Konser Koploday

Nusantara Logistic Hub Hadir di IKN, Indra Yuwana: Mudahkan Pemindahan ASN, TNI dan POLRI

Rabu, 17 Januari 2024 | 23:05 WIB
header img
Indra Yuwana, Direktur Investasi dan Kemudahan Berusaha OIKN / dok. pri

JAKARTA, iNews - Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) kembali melakukan peletakan batu pertama pembangunan fisik (groundbreaking) tahap 4 pada Rabu (17/1/2024). Groundbreaking tahap 4 ini sekaligus menandai sejumlah proses pembangunan seperti Balaikota dan Kantor OIKN, Memorial Park, kantor Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), Hotel, Pergudangan dan Masjid Negara. 

Prosesi groundbreaking dihadiri oleh Presiden Joko Widodo yang sekaligus meresmikan hadirnya Nusantara Logistic Hub. Dalam kesempatan itu, Jokowi menyambut baik hadirnya Nusantara Logistic Hub and Services, karena ini merupakan buah kerja sama antara Pos Indonesia dengan PT Bina Karya (Persero) di Ibu Kota Nusantara.

“Ini akan mendukung IKN sebagai super hub dan kehadiran perusahaan jasa logistik di IKN, sangat dibutuhkan,” kata Kepala Negara dalam keterangan resminya.

Presiden Jokowi berharap Nusantara Logistic Hub nantinya bisa memberikan kontribusi yang besar utamanya untuk mempercepat pergerakan logistik di IKN.

“Saya berharap Nusantara Logistic Hub and Services akan berkontribusi secara signifikan memicu penguatan rantai pasok domestik, tidak hanya di IKN tetapi di seluruh kawasan Indonesia dan membuat biaya logistik semakin terjangkau, mempercepat dan mengefisienkan pergerakan logistik di seluruh kawasan Indonesia,” urainya. 

Senada dengan presiden, Ketua Pelaksana Groundbreaking Investor Pelopor IKN yang juga Direktur Investasi dan Kemudahan Berusaha OIKN Indra Yuwana bersyukur dengan adanya layanan Nusantara Logistic Hub di IKN. Sebab menurut Indra, hal ini akan mempermudah proses pemindahan ASN, TNI/POLRI.

“Tentunya kami bersyukur sekali dengan hadirnya PT Pos Indonesia yang meluncurkan layanan logistik yang bernama Nusantara Logistic Hub dengan nilai investasi sebesar Rp. 350 M di IKN.  Pelayanan ini diharapkan dapat membantu proses pemindahan ASN, TNI/POLRI yang akan dimulai tahun ini,” terang Indra Yuwana.

Sebagai informasi, sebanyak 23 investor pelopor dari dalam negeri telah melaksanakan groundbreaking di IKN dengan investasi non-APBN dengan nilai sekitar Rp41,4 triliun. Groundbreaking tahap 1 (21-22 September 2023) dengan nilai investasi sebesar Rp23,1 triliun. 

Pada tahap 1, sejumlah investor telah memulai pembangunannya mulai dari mall, hotel, perkantoran, serta ruang terbuka hijau yang dipimpin oleh investor tergabung dalam Konsorsium Nusantara. Adapun Tahap 2 yang dilaksanakan pada (1-2 November 2023) dengan nilai sebesar Rp13,1 triliun. 

Groundbreaking tahap 2 dilakukan oleh Kementerian Perhubungan Republik Indonesia, Mayapada Hospital, Pakuwon Group, JIS, Hermina, Bank Indonesia, BPJS Ketenagakerjaan, dan PLN Indonesia. Pada tahap ini juga diresmikan revitalisasi SDN 020 Sepaku yang tanahnya didedikasikan oleh warga setempat.  
 
Sedangkan tahap 3 dilakukan pada 20-21 Desember 2023 menandakan pembangunan Rumah Sakit Umum Pusat Ibu Kota Nusantara (RSUP IKN) dan pembangunan Nusantara Superblock. Adapun investasi pada Nusantara Superblock ini mencapai Rp 3 triliun.

Editor : Hasiholan Siahaan

Follow Berita iNews Tangsel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut