get app
inews
Aa Read Next : Kecam Aksi Genosida Di Gaza, Sultan Dorong Parlemen OKI Desak Sanksi Israel

AS Pastikan Pembebasan Sandera dan Gencatan Senjata Antara Israel dan Hamas akan Terwujud

Minggu, 04 Februari 2024 | 13:16 WIB
header img
Pejuang Hamas menghancurkan tank Markava milik Israel, yang diklaim zionis terhebat di dunia. Foto: Reuters

WASHINGTON, iNewsTangsel.id - Amerika Serikat, Qatar, dan Mesir sedang melakukan upaya diplomatik yang "sensitif" untuk memastikan pembebasan sandera di Jalur Gaza, seperti yang diungkapkan perwakilan AS di PBB pada Jumat. Duta Besar AS untuk PBB, Linda Thomas-Greenfield, menyatakan bahwa mereka terus bekerja bersama Qatar, Mesir, dan mitra regional lainnya untuk membuat usulan yang kuat.

Tujuannya adalah menyatukan seluruh sandera dengan keluarga mereka, sambil terus berupaya mencapai resolusi berkelanjutan untuk konflik antara Israel dan Palestina.

Usulan tersebut diharapkan dapat mendekatkan semua pihak untuk menciptakan kondisi penghentian permusuhan berkelanjutan, kata Thomas-Greenfield. Dia menekankan kewajiban Dewan Keamanan PBB dalam memastikan tindakan yang diambil dapat meningkatkan tekanan kepada Hamas agar menerima usulan tersebut.

Thomas-Greenfield juga menyebut adanya dua resolusi Dewan Keamanan terkait Gaza, dengan peringatan bahwa rancangan resolusi untuk jeda kemanusiaan segera dapat membahayakan negosiasi sensitif untuk kesepakatan pembebasan sandera.

Tanpa menetapkan batas waktu untuk negosiasi, Thomas-Greenfield menyatakan, "Negosiasi memerlukan waktu, tetapi kami memberikan waktu dan berupaya di lapangan."

Editor : Hasiholan Siahaan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut