get app
inews
Aa Text
Read Next : PINTU Dorong Edukasi Crypto dan Transformasi Digital untuk UMKM

BUIDLRS Lounge by PINTU ke-5: Solusi dan Inovasi Masa Depan Web3

Selasa, 06 Februari 2024 | 16:02 WIB
header img
Industri game merupakan sektor dengan pangsa pasar yang sangat besar. Menurut laporan yang diterbitkan oleh Newzoo, hingga tahun 2023, jumlah pemain video game di seluruh dunia telah mencapai 3,38 miliar

Arief Widhiyasa, CEO Mythic Protocol, dalam diskusinya menyoroti evolusi industri game dengan munculnya Web3, "Video game pertama yang dibuat adalah Tennis for Two pada tahun 1958, namun tidak pernah diskalakan ke publik karena tidak semua orang memiliki oscilloscope, yaitu sebuah instrumen untuk men-debug sirkuit digital. Untuk mengatasi masalah tersebut, teknologi pertama yang digunakan dalam industri game adalah semikonduktor yang memungkinkan perangkat seperti komputer, arkade, dan konsol dapat dimainkan di rumah. Teknologi tersebut berhasil meningkatkan nilai industri game dari 0 hingga $40 miliar dalam 20 tahun, yang kami sebut sebagai siklus pertama industri game."

Arief menambahkan, "Siklus kedua dimulai dengan hadirnya internet dan smartphone. Smartphone memudahkan akses ke game, sementara internet memfasilitasi distribusi. Untuk siklus ketiga, kami melihat bahwa kedua teknologi, yaitu kecerdasan buatan (AI) dan blockchain, akan mendorongnya. AI akan menanggapi masalah kesenjangan dalam kemampuan untuk menciptakan game. Dahulu, pembuatan game memerlukan belajar ilmu komputer selama bertahun-tahun, tetapi dengan dukungan AI, game dapat dibuat dalam waktu singkat. Selanjutnya, kami yakin bahwa blockchain dapat menjawab masalah 'trust' yang dirasakan oleh pembuat game. Kombinasi AI dan blockchain membuka peluang bagi dunia permainan Web3 karena akan ada banyak konten yang dibuat oleh AI dan didukung oleh 'trust' yang disediakan oleh blockchain."

Industri game merupakan sektor dengan pangsa pasar yang sangat besar. Menurut laporan yang diterbitkan oleh Newzoo, hingga tahun 2023, jumlah pemain video game di seluruh dunia telah mencapai 3,38 miliar, meningkat 6,3% dibandingkan dengan tahun 2022. Selain itu, pendapatannya juga mencapai $184 miliar, dengan pertumbuhan sebesar 0,6% secara tahunan.

“Dalam waktu yang akan datang, kami berharap industri game dapat mengubah persepsi dan konsepsi tentang Web3 gaming, sehingga setiap orang dapat mengenal berbagai game berbasis kripto,” tutup Jonathan.

Editor : Hasiholan Siahaan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut