get app
inews
Aa Read Next : AMIN: Pemimpin yang Lahir dari Proses Kecurangan akan Menghasilkan Rezim Ketidakadilan

Server IT KPU Terhubung ke Perusahaan Alibaba China dan Singapura, Roy Suryo: Tidak Sah

Sabtu, 17 Februari 2024 | 12:50 WIB
header img
Komisi Pemilihan Umum. Dok. iNews.id

JAKARTA, iNewsTangsel.id - Ahli Telematika dan Artificial Intelejen, DR Roy Suryo menghendaki agar diadakannya audit forensik terhadap IT KPU. Hal itu diungkapkan Roy dalam siaran langsung di kanal YouTube, Sabtu (17/2/2024).

" Banyak sekali media yang meminta saya untuk mengungkap kecurangan ini, dan tanpa mengurangi penjelasannya secara ilmiah", ujar Roy.

Sistem SIREKAP yang berbasis OCR (Optical Character Recognizer) dan OMR (Optical Mark Reader) ini belum diuji dan diawasi secara independen. " Sistem ini  sudah bisa dibilang "kuno" semenjak 110 tahun silam (1914). SIREKAP ini belum diuji dan diawasi secara independen untuk 38 provinsi, katanya. 

Namun ironisnya KPU tidak bisa memanfaatkan secara maksimal, bahkan lebih bisa disebut asal-asalan karena saking banyaknya kesalahan teknis sampai menjadikanya Trending Topic selama beberapa hari terakhir, memalukan, ujar Roy.

Sertifikasi yang hanya dari Kominfo bukan dari lembaga yang independen, membuat dipertanyakan ketangguhan sistem ini. Seperti banyak kesalahan desimal yang sampai ribuan, terus adanya algoritma dan kesalahan yang nyaris terstruktur dan sistematis (TSN).

Editor : Hasiholan Siahaan

Follow Berita iNews Tangsel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut