get app
inews
Aa Read Next : Presiden Jokowi Sambut Kedatangan para Kepala Negara dan Delegasi KTT World Water Forum

Dukung Target Swasembada Gula, Barantin Pastikan Ketertelusuran Benih Gula Asal Australia

Rabu, 13 Maret 2024 | 21:25 WIB
header img
Kepala Badan Karantina Indonesia (Barantin), Sahat M Panggabean memastikan, benih gula asal Australia memenuhi prinsip ketertelusuran yang telah ditetapkan oleh pemerintah Indonesia melalui Barantin

Selain ketertelusuran kebun indukan, Sahat dan tim juga mengunjungi kantor SRA di Indoroopily, Brisbane dan laboratorium Lowes TC di Tumbi Umbi, New Castle untuk melakukan verifikasi terhadap penyiapan subkultur planlet tebu yang terdiri dari memastikan bahwa media agar tidak kontaminan, lama pencahayaan bagi planlet, dan memeriksa, mengukur, menguji, dan memastikan produk aman atau quality control (QC) terhadap kontaminasi pada proses subkultur dan proses perbanyakan planlet.

Sahat menambahkan, pihaknya juga memeriksa implementasi pre-inspeksi/pre-border di Australia, sehingga ketika tiba di Indonesia nanti, petugas Karantina hanya memastikan kesesuaian dokumen dan fisik saja. Dan ini sangat berkontribusi untuk menurunkan biaya logistik dan waktu tunggu di pelabuhan, atau dwelling time.

"Sejalan dengan pesan Bapak Presiden, bahwa program food estate adalah kerja kolaboratif lintas kementerian dan instansi. Dan kami di Barantin, siap mengawal dengan tetap mengedepankan perlindungan terhadap sumber daya alam hayati dalam negeri," tutup Sahat.

Editor : Hasiholan Siahaan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut