get app
inews
Aa Read Next : Menyongsong Indonesia Emas 2045, Proses Menuju Kedewasaan Berbangsa dan Bernegara!

Andy Tanu: Untuk Mewujudkan Indonesia Emas, Gerakan Pembumian Pancasila Harus Dimulai dari Sekarang

Senin, 25 Maret 2024 | 06:15 WIB
header img
Saatnya bangsa Indonesia kembali kepada jati dirinya dengan fondasi falsafah hidup bernegara yang telah terbukti mampu menyatukan, bertahan, dan berposisi hingga saat ini (Foto: SINDOnews)

TANGERANG, iNewsTangsel.id - Perlu adanya kesatuan dan langkah konkret untuk memperkuat rasa nasionalisme. Menjaga tanah air yang kita cintai membutuhkan kearifan dan keberanian untuk memulai dengan langkah-langkah dan implementasi yang konkret, ujar Andy Tanu saat berbincang dengan iNewsTangsel.id

Pendiri orkesstv ini mengatakan, saatnya bangsa Indonesia kembali kepada jati dirinya dengan fondasi falsafah hidup bernegara yang telah terbukti mampu menyatukan, bertahan, dan berposisi hingga saat ini, detik ini, menit ini, jam ini, bulan ini, dan tahun ini, ujarnya.

Gerakan pembumian nasionalisme ini, menurut saya, harus segera dimulai sekarang. Saya mengusulkan gerakan ini dimulai dengan nama Pembumian kembali Pancasila. Ini merupakan gerakan persatuan merah putih yang ingin saya mulai dengan obrolan santai, terkini, menggunakan bahasa yang mudah dimengerti, menyenangkan, humoris, dan langsung pada intinya.

Saya mencoba membuktikan dan menerapkannya dengan cara menyebutkan kembali setiap sila Pancasila secara bergantian antara host dan narasumber di setiap akhir episode podcast yang saya bawakan.

Hasilnya, menyenangkan dan lancar. Setidaknya menurut saya, dengan menyebutkan sila-sila tersebut, maka Pancasila akan kembali teringat dan eksis baik oleh narasumber maupun di udara. Dari situ, saya juga dapat melihat apakah para narasumber masih mengingat atau sudah ada yang lupa, yang tercermin dari kemampuan mereka menyebutkan sila sesuai dengan hasil putaran tersebut.

Editor : Hasiholan Siahaan

Follow Berita iNews Tangsel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut