get app
inews
Aa Read Next : Perang Iran-Israel Makin Panas, Kapal Perang Rusia Dilengkapi Misil Kinzhal Masuki Timur Tengah

Dampak Invasi Rusia ke Ukraina, 23.000 Karya Seni dari 40 Museum Kherson di Jarah

Selasa, 26 Maret 2024 | 07:23 WIB
header img
Museum juga kehilangan daftar penting barang yang dipamerkan dan dokumen yang membuktikan nilai sejarahnya. Oleh karena itu, Goncharova hanya dapat memperkirakan secara kasar jumlah benda yang dijarah sekitar 23.000 item. Foto/dok Pexels

UKRAINA, iNewsTangsel.id - Invasi Rusia ke Ukraina di wilayah Kherson berdampak pada kerusakan di bidang kebudayaan.

Serangan balasan Ukraina pada musim panas 2022 memaksa tentara Rusia untuk mundur dari sekitar Kherson. Pada 11 November, kota tersebut dibebaskan oleh tentara Ukraina.

Pada November 2022, seluruh koleksi seni dari Museum Seni Kherson, Museum Regional Kherson, dan Arsip Nasional Wilayah Kherson telah dirampok. Bahkan, batu nisan para komandan Tsar Rusia dan sisa-sisa Marsekal Lapangan Rusia Grigory Potemkin, orang kepercayaan Permaisuri Catherine yang Agung, juga menjadi sasaran pembobolan.

Pasukan pendudukan Rusia membawa barang curian tersebut ke Museum Pusat Tavrida, yang terletak di Simferopol di Semenanjung Krimea yang telah dianeksasi sejak 2014.

"Orang-orang yang peduli mengirimi kami rekaman video yang menunjukkan lukisan koleksi kami sedang diturunkan (dari kendaraan). Kami mengenalinya," kata Alina Dotsenko. Sejak itu, stafnya melakukan penelusuran melalui foto-foto dari jejaring sosial dan cuplikan dari televisi Rusia.

Editor : Hasiholan Siahaan

Follow Berita iNews Tangsel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut