get app
inews
Aa Read Next : Ajaib! Diberondong Tembakkan PM Slovakia Selamat

Dampak Invasi Rusia ke Ukraina, 23.000 Karya Seni dari 40 Museum Kherson di Jarah

Selasa, 26 Maret 2024 | 07:23 WIB
header img
Museum juga kehilangan daftar penting barang yang dipamerkan dan dokumen yang membuktikan nilai sejarahnya. Oleh karena itu, Goncharova hanya dapat memperkirakan secara kasar jumlah benda yang dijarah sekitar 23.000 item. Foto/dok Pexels

Beberapa barang museum akhirnya berada di kota Henichesk yang diduduki Rusia di Ukraina selatan, di mana pegawai museum yang bekerja sama dengan Rusia juga mundur. Beberapa barang museum juga dibawa ke Museum Chersonese Taurian di Sevastopol.

Informasi tentang nasib koleksi museum di wilayah Ukraina yang masih diduduki Rusia sangat sedikit. Menurut pegawai museum dan laporan media Rusia, pemerintah yang ditunjuk oleh pasukan pendudukan "mengevakuasi" koleksi museum dan galeri di kota Nova Kakhovka pada November 2022 ke lokasi yang tidak diketahui.

Di Mariupol yang diduduki Rusia di wilayah Donetsk, semua museum telah dihancurkan selama pengepungan. Menurut laporan media Rusia pada April 2022, direktur museum sejarah lokal, Natalia Kapustnikova, hanya berhasil menyelamatkan belasan karya seni, termasuk tiga karya pelukis kelahiran Mariupol, Arkhip Kuindzhi, yang terkenal dengan lukisan pemandangan.

Dia juga berhasil menyelamatkan lukisan karya Ivan Aivazovsky. Namun, Kapustnikova menyerahkan lukisan itu kepada Rusia.

Sejak awal invasi besar-besaran Rusia, Dinas Keamanan Ukraina (SBU) telah menyelidiki penjarahan koleksi museum, yang diduga merupakan "pelanggaran hukum dan tata cara perang" sebagai bagian dari "dugaan genosida terhadap rakyat Ukraina".

Editor : Hasiholan Siahaan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut