get app
inews
Aa Read Next : Kota Tangerang Diguncang Gempa M 4,3!

Gempa Bumi M 7,5 di Taiwan Berdampak Tsunami di Selatan Jepang, Gedung Bertingkat Roboh

Rabu, 03 April 2024 | 11:08 WIB
header img
Suasana bangunan roboh di Hualien Taiwan, diambil dari video yang ditayangkan TVBS usai gempa pada Rabu pagi (3/4/2024. Dok TVBS/AP

TAIWAN, iNewsTangsel.id - Gempa bumi dahsyat mengguncang Taiwan pada pagi hari ini, Rabu (3/4/2024), menyebabkan bangunan-bangunan  roboh dan juga menimbulkan dampak tsunami di pulau-pulau selatan Jepang.

Menurut laporan Associated Press, bangunan berlantai lima di Hualien mengalami kerusakan berat, dengan lantai pertama yang roboh dan sisanya miring pada sudut 45 derajat.

Di ibu kota Taiwan, Taipei, ubin dari gedung-gedung tua dan kompleks perkantoran baru berjatuhan. Layanan kereta api di seluruh pulau dengan populasi 23 juta orang tersebut juga terhenti.

Meskipun layanan kereta bawah tanah di Taipei juga terhenti, kegiatan masyarakat tetap berjalan seperti biasa, termasuk aktivitas sekolah bagi anak-anak.

Badan Meteorologi Jepang melaporkan adanya gelombang tsunami setinggi 30 cm yang mencapai pantai pulau Yonaguni sekitar 15 menit setelah gempa terjadi. JMA juga mencatat kemungkinan gelombang tsunami melanda pantai pulau Miyako dan Yaeyama.

Editor : Hasiholan Siahaan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut