get app
inews
Aa Read Next : Kesaksian Atas Kesetiaan dan Komitmen

Memupuk Percakapan yang Jujur dengan Tuhan

Minggu, 07 April 2024 | 06:13 WIB
header img
Doa menghubungkan kita kepada Tuhan. Kita bisa bersyukur kepada Tuhan akan siapa Dia dan apa yang telah Dia lakukan bagi kita dalam doa.

CIPUTAT, iNewsTangsel.id - Doa adalah satu kebiasaan yang paling penting yang bisa kita kembangkan. Bukan hanya karena Alkitab menyuruh kita agar tekun berdoa, tetapi karena ada banyak sekali manfaat dalam membangun kehidupan doa. 

Doa menghubungkan kita kepada Tuhan. Kita bisa bersyukur kepada Tuhan akan siapa Dia dan apa yang telah Dia lakukan bagi kita dalam doa. Kita bisa meminta Dia hal-hal yang kita butuhkan.

Walaupun kita tahu kita perlu berdoa, kita sering tidak mengambil waktu untuk melakukannya. Kecuali kita menetapkan waktu khusus, berdoa sering kali tidak menjadi bagian dari aktivitas kita sehari-hari. Tapi Paulus, penulis kitab Efesus, mendorong umat Kristen untuk membangun kehidupan doa. Dia berkata bahwa setiap kejadian adalah kesempatan untuk berbicara kepada Tuhan.

Semua permintaan dan kebutuhan kita perlu diberikan kepada Tuhan. Namun, saat kita berdoa seharusnya tidak hanya berisikan permohonan kita. Kita juga perlu mengambil waktu dalam penyembahan–bersyukur kepada Tuhan atas siapa Dia dan semua yang telah Dia lakukan.

Paulus juga mendorong kita untuk berdoa bagi orang lain. Kenyataannya, bagian dari tanggung jawab kita terhadap sesama adalah mendorong mereka melalui doa. Kita biasanya ingat untuk berdoa bagi orang lain saat sesuatu yang negatif terjadi kepada mereka. Tetapi Firman Tuhan berkata kita harus senantiasa berdoa bagi orang-orang di dalam hidup kita.

Saat kita berdoa, janganlah berkecil hati saat kita tidak serta-merta melihat perubahan terjadi. Tuhan selalu bekerja di dalam hidup kita, walaupun waktu-Nya tidak sesuai dengan keinginan kita. Kita mungkin tidak menerima jawaban yang kita inginkan, tapi kita bisa tenang percaya bahwa Tuhan selalu mendengar dan bekerja bagi kita.

Ambil beberapa waktu hari ini berdoa kepada Tuhan. Sampaikan rasa syukur Anda akan segala yang telah Dia lakukan bagimu. Beri tahukan Dia kebutuhanmu. Pikirkan beberapa orang di dalam hidupmu yang bisa Anda doakan. Sepanjang minggu ini, gunakan setiap kesempatan untuk berdoa kepada Tuhan.

Editor : Hasiholan Siahaan

Follow Berita iNews Tangsel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut