Fatique dan Microsleep Sangat Berbahaya saat Mengemudi

Salah satu bentuk lain dari alat monitoring pengemudi ini bisa embedded (menjadi satu) dgn Dash-Cam atau juga GPS Mobil bernama "Driver Monitoring System" yg bisa mengeluarkan suara nyaring jika sensor mendeteksi mata pengemudi mulai menutup dgn cara karena mendeteksi pupil mata dan wajah secara real time. Demikian juga akan mendeteksi bila kendaraan berpindah jalur atau mendahului kendaraan lain namun dalam kondisi yg tidak aman. Saat menjadi Narasumber di salahsatu TV (iNews) menjelaskan Tragedi Km 58 bbrp hari lalu, saya sempat menunjukkan Fungsi2 tsb dalam alat Dash-Cam yg diperagakan.
Kesimpulannya, Micro-Sleep memang sangat mungkin hal yg dialami oleh Jalur Widodo sopir Bus Rosalia Indah saat peristiwa Kecelakaan di Km 370 kemarin, namun hal tsb disebabkan oleh akibat Fatique yg dialami sebelumnya karena Manajemen Transportasi yg belum baik diterapkan di Indonesia. Oleh sebab itu Kementerian Perhubungan dan Korlantas Polri yg menjadi Garda terdepan pengawasan dan penegakan disiplin berlalulintas di Indonesia sebaiknya lebih tegas dalam menerapkan semua hal yg sudah disebutkan diatas agar tidak banyak lagi Korban di jalan akibat tidak digunakannya Ilmu Pengetahuan baik yg berbasis Kesehatan Masyarakat maupun Teknologi Informasi yg bila digunakan dgn benar akan sangat bermanfaat ... (semoga).
Dr. KRMT Roy Suryo, M.Kes, Pemerhati Telematika, Multimedia, AI dan OCB Independen, sekaligus Magister Kesehatan Masyarakat dari UGM (Asli).
Editor : Vitrianda Hilba SiregarEditor Jakarta