Peran Teknologi
Digitalisasi tidak bisa terjadi tanpa teknologi. Hal ini juga berlaku pada integrasi sistem pembayaran digital perbankan dan lembaga keuangan di Indonesia, di mana penggunaan teknologi sangat berperan penting. Teknologi yang dibutuhkan harus mampu mengintegrasikan berbagai kanal, canggih, serta bebas dari ancaman error dan kejahatan siber.
Setidaknya ada dua solusi teknologi yang menjadi tumpuan dalam penerapan sistem pembayaran digital terintegrasi saat ini. Menurut Jip Ivan Sutanto, Direktur Enterprise Application Services Business di Multipolar Technology, dua solusi tersebut adalah API Connect dan watsonx dari perusahaan teknologi global IBM.
API Connect adalah solusi pengelolaan API yang lengkap dan canggih, sehingga cocok digunakan oleh perusahaan perbankan dan lembaga keuangan yang ingin memasuki ranah ekonomi API. Solusi ini dikembangkan berdasarkan empat prinsip utama: Create, Run, Manage, dan Secure.
“Artinya, API Connect memungkinkan perbankan untuk membuat, menyosialisasikan, mengelola, dan mengamankan layanan mereka menggunakan teknologi API. Hal ini membuka peluang untuk mengakuisisi pelanggan baru, yang pada akhirnya meningkatkan pendapatan dan profit. Semakin banyak kerja sama layanan yang dilakukan, semakin besar pula potensi keuntungan yang diperoleh,” jelasnya.
Jika API Connect memudahkan integrasi, otentifikasi, otorisasi, dan enkripsi data dengan pihak ketiga, watsonx memperkuat layanan perusahaan perbankan dengan nasabahnya. Watsonx membantu nasabah memperoleh informasi layanan yang kompleks dengan lebih cepat dan mudah dipahami berkat teknologi Generative AI yang diusungnya.
Editor : Hasiholan Siahaan