get app
inews
Aa Read Next : Kenalkan Pendidikan STEAM, Sampoerna Academy Hadirkan Buku Cerita Berkualitas Karya Para Siswa

Peran Perguruan Tinggi Perkokoh Daya Ungkit Survei Penilaian Integritas

Jum'at, 09 Agustus 2024 | 23:44 WIB
header img
Prosesi penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) tentang Penyelenggaraan Survei Penilaian Integritas (SPI) 2024, di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Kamis (25/7/2024). Foto: Sabir Laluhu.

SPI dan Peran Perguruan Tinggi 

Nurul Ghufron menyatakan, hakikatnya pemberantasan korupsi di Indonesia bukan tanggung jawab KPK belaka atau satu pihak saja tetapi menjadi tanggung jawab bersama seluruh elemen masyarakat. Satu di antara elemen itu adalah perguruan tinggi atau kalangan sivitas akademika. Untuk itu, Ghufron mengajak 41 rektor atau yang mewakili rektor yang hadir dalam kegiatan ini untuk berpartisipasi aktif dalam upaya memberantas perilaku korupsi yang telah mengakar di negeri ini.

“Tugas pemberantasan korupsi itu bukan hanya tugas KPK saja, tapi tugas bersama baik dari eksekutif, legislatif, pelaku usaha, bahkan akademisi. Bapak–Ibu rektor yang hadir, perlu diingat bahwa perguruan tinggi memegang peranan yang sangat penting untuk menyemai dan melembagakan nilai-nilai integritas di kalangan mahasiswa dan masyarakat. Oleh karena itu, mari kita bergandengan dalam memberantas korupsi di Indonesia,” ujar Ghufron saat memberikan sambutan dan membuka Kick-Off Meeting Pelaksanaan SPI 2024.

Mantan dekan Fakultas Hukum Universitas Jember itu mengatakan, kolaborasi dan sinergi KPK dengan perguruan tinggi dalam pelaksanaan SPI 2024 tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan partisipasi elemen negeri dalam upaya pemberantasan korupsi. Tetapi, juga untuk meningkatkan pemahaman lingkungan kampus termasuk mahasiswa tentang potret birokrasi pemerintahan dan risiko korupsi di berbagai lembaga publik.

“Kami berharap semoga keterlibatan perguruan tinggi pada Survei Penilaian Integritas 2024 dapat memberikan hasil yang bermanfaat bagi peningkatan integritas lembaga publik di Indonesia. Dengan semangat kolaborasi dan komitmen yang kuat dari perguruan tinggi, diharapkan upaya ini dapat menghasilkan perubahan nyata dalam perang melawan korupsi, tidak hanya dalam konteks pendidikan tetapi juga dalam seluruh aspek kehidupan masyarakat Indonesia,” ucap Ghufron.

Pahala Nainggolan mengatakan, KPK mengapresiasi 40 PTN dan satu PTKIN yakni UIN Syarif Hidayatullah yang telah bersedia bekerjasama dengan KPK untuk penyelenggaraan SPI 2024. Tak lupa, Pahala berterima kasih kepada para rektor atau yang mewakili rektor yang hadir. Sebab, pelibatan 41 perguruan tinggi untuk pelaksanaan SPI 2024 adalah cara baru di tahun keempat pelaksanaan SPI.

Editor : Hasiholan Siahaan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut