get app
inews
Aa Read Next : RumahBerkat Dorong Kesadaran Masyarakat soal Manfaat Kesehatan Berdonor Darah

Rumahberkat Ajak Masyarakat Tingkatkan Rasa Kemanusiaan Lewat Aksi "Setetes Darah Sejuta Nyawa"

Selasa, 10 September 2024 | 05:38 WIB
header img
Kami dari pihak panitia percaya bahwa setetes darah yang kita donorkan bisa menyelamatkan nyawa orang lain yang membutuhkan

JAKARTA, iNewsTangsel.id -Rumahberkat kembali menggelar kegiatan sosial donor darah bertajuk "Setetes Darah Sejuta Nyawa" di Mal Taman Anggrek, Jakarta, pada tanggal (3/9) lalu. Aksi donor darah ini mendapat antusiasme tinggi dari masyarakat, yakni sebanyak 41 orang telah mendaftar secara online sebelum acara berlangsung. Sementara itu pada hari-H, sebanyak 45 orang mendaftar secara offline di lokasi acara. Hal ini menunjukkan adanya kesadaran masyarakat terhadap pentingnya donor darah. 

Perlu diketahui, donor darah secara rutin tidak hanya bermanfaat bagi penerima, tetapi juga memberikan manfaat kesehatan bagi pendonor, seperti mengurangi risiko penyakit jantung, mengurangi risiko kanker, memperbarui sistem kekebalan tubuh dan juga beragam manfaat lainnya yang bisa dirasakan langsung bagi para pendonor.

Menurut situs resmi Kemenkes sehatnegeriku.kemkes.go.id, berdasarkan standar Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Indonesia membutuhkan setidaknya 5,1 juta kantong darah per tahun, yang merupakan 2% dari total jumlah penduduknya. Saat ini, produksi darah dan komponennya mencapai 4,1 juta kantong yang berasal dari 3,4 juta donasi.

"Di Indonesia, kebutuhan darah masih tinggi, dan dengan berpartisipasi dalam donor darah, kita turut mendukung stok darah nasional," ujar Rahajeng, selaku panitia Donor Darah dari Rumahberkat, dalam keterangannya, Senin (9/9/2024). 

Rahajeng mengatakan, pendonor yang telah mencapai 100 kali donor akan menerima penghargaan Satyalancana Kebaktian Sosial sebagai apresiasi atas kontribusi mereka. Penghargaan ini tak hanya sebagai pengakuan, tetapi juga menjadi inspirasi bagi orang lain untuk terlibat dalam aksi kemanusiaan ini.

Editor : Hasiholan Siahaan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut