get app
inews
Aa Read Next : Pemerintah Perkuat Sinergi untuk Kendalikan Inflasi Pangan dengan Pemantauan Ketat

Kebudayaan sebagai Kunci Menuju Pangan Lokal Berkelanjutan

Sabtu, 14 September 2024 | 19:58 WIB
header img
Program SLKL ini menjadi langkah nyata untuk melestarikan kebudayaan lokal sekaligus memperkuat kedaulatan pangan di Kabupaten Alor

ALOR, iNewsTangsel.id - Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Alor, sukses menyelenggarakan Program Sekolah Lapang Kearifan Lokal (SLKL) di Kabupaten Alor. Program ini bertujuan untuk menginventarisasi dan mendokumentasikan Objek Pemajuan Kebudayaan (OPK) yang ada di wilayah tersebut. Sebanyak 10 OPK berhasil tercatat dan melalui tahap kurasi dalam pelaksanaan program ini. 

Dari temuan tersebut, terhimpun sebanyak 589 data terkait OPK di Kabupaten Alor, mencakup aspek budaya seperti manuskrip sejarah, tradisi lisan, pengetahuan tradisional, pangan lokal, permainan tradisional, bahasa, serta teknologi terkait pangan lokal. Temuan ini menggarisbawahi pentingnya pangan lokal sebagai identitas sekaligus budaya masyarakat Alor.

Direktur Jenderal Kebudayaan, Hilmar Farid, menekankan bahwa kebudayaan memiliki peran strategis dalam mendukung ketahanan dan kedaulatan pangan

“Pangan lokal bukan hanya soal pemenuhan kebutuhan, tetapi juga soal identitas dan kebanggaan. Dengan memahami dan memanfaatkan bahan pangan lokal, kita sebenarnya sedang memperkuat kedaulatan pangan kita,” ujarnya, Sabtu (14/9/2024).

Program SLKL ini juga melibatkan diskusi terpumpun yang dihadiri berbagai pemangku kepentingan, seperti orang tua, perangkat sekolah, perangkat desa, dan para ahli pangan. Diskusi tersebut bertujuan untuk mengoptimalkan pemanfaatan bahan pangan lokal serta meningkatkan kesadaran masyarakat tentang manfaatnya. Komunitas Finbargo, yang fokus pada isu pangan sehat di NTT, turut berperan sebagai fasilitator dalam diskusi ini.

Editor : Hasiholan Siahaan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut