get app
inews
Aa Read Next : Lintasarta dan Nokia Berkolaborasi Mengembangkan Infrastruktur Data Center Interconnect yang Handal

Acer Indonesia Kembali Gelar Acer Smart School Awards (ASSA) 2024

Jum'at, 20 September 2024 | 20:35 WIB
header img
Penguasaan AI menjadi kunci dalam meningkatkan kualitas dan efektivitas pembelajaran

BANDUNG, iNewsTangsel.id - Sebagai wujud komitmen terhadap dunia pendidikan, Acer Indonesia kembali mengadakan Acer Smart School Awards (ASSA) 2024 bersamaan dengan Acer Edu Tech 2024 di Bandung, Jawa Barat. ASSA 2024 bertujuan untuk mengembangkan sekolah/madrasah masa depan melalui penerapan transformasi teknologi. Tidak hanya sebagai ajang kompetisi, ASSA 2024 juga menyelenggarakan berbagai kegiatan untuk membantu sekolah dan tenaga pendidik dalam menerapkan transformasi teknologi secara efektif dan menyeluruh. Program ini meliputi pelatihan teknis dan non-teknis, penilaian mandiri, konsultasi dengan mentor berpengalaman, serta pendampingan melalui webinar Smart School Academy. Acer berharap, dengan pendekatan ini, ASSA 2024 dapat melahirkan lebih banyak sekolah yang siap menghadapi tantangan pendidikan masa depan dan menciptakan tenaga pendidik yang kompeten.

Penjurian dilakukan oleh para ahli dan praktisi pendidikan yang tergabung dalam Dewan Juri ASSA 2024, termasuk Prof. Dr. Unifah Rosyidi, M.Pd. (Ketua Umum PB PGRI); Prof. Dr. Ir. Richardus Eko Indrajit, M.Sc., M.B.A., M.Phil., M.A. (praktisi pendidikan dan pakar teknologi informatika); Prof. Ir. Tian Belawati, M.Ed., Ph.D. (Guru Besar Universitas Terbuka Jakarta periode 2009-2017); Dr. Ninik Kristiani, M.Pd. (Asesor Guru Penggerak dan Pengawas Sekolah Jawa Timur); Prof. Dr. Ir. Marsudi Wahyu Kisworo, IPU (Rektor Universitas Pancasila); Dr. Eva Handriantini, S.Kom., M.T. (Pengurus APTIKOM); Dr. Muhamad Fauzi, S.Kom, M.Pd. (Sekretaris SLCC PB PGRI); Dr. Lidia Susanti, S.P., M.P. (Konsultan Pendidikan); dan Fransisca Maya, S.P., M.B.A. (Head of Marketing, Acer Indonesia).

Pada tahun ini, ASSA memberikan kesempatan kepada SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK/MAK untuk bersaing memperebutkan penghargaan "School of The Year Award" dan "Guru Kreatif Award" dengan total hadiah lebih dari 500 juta rupiah. Penghargaan ini akan diberikan kepada sekolah, madrasah, dan guru yang mampu menciptakan lingkungan belajar yang interaktif, efektif, dan inklusif melalui integrasi teknologi dalam sistem pembelajarannya. Pendaftaran ASSA 2024 dibuka pada 29 Agustus hingga 15 Oktober 2024.

Penilaian untuk kategori "School of The Year Award" didasarkan pada beberapa kriteria umum, yaitu kepemimpinan dan manajemen sekolah, lingkungan sekolah dan kurikulum, serta penggunaan teknologi pembelajaran. Aspek lain yang dinilai meliputi Sistem Informasi Manajemen Sekolah (SIMS) dan Sistem Manajemen Pembelajaran (LMS).

Untuk kategori "Guru Kreatif Award 2024", penilaian akan didasarkan pada kemampuan kolaborasi, penggunaan teknologi digital, serta kemampuan guru untuk menginspirasi siswa agar belajar lebih efektif dan optimal.

Leny Ng, President Director Acer Indonesia, dalam keterangan tertulisnya, Jumat (20/9/2024) menjelaskan bahwa melalui ASSA 2024, Acer Indonesia berkomitmen mendukung transformasi teknologi di dunia pendidikan. Digitalisasi di lingkungan sekolah diyakini dapat membuka peluang besar bagi sekolah, guru, dan siswa untuk terus berinovasi dan beradaptasi dengan perkembangan zaman. Dengan mengapresiasi sekolah dan pendidik yang memiliki visi dalam menerapkan konsep smart school, Acer berharap semakin banyak institusi pendidikan yang meningkatkan kualitas pembelajaran, efisiensi manajemen, dan akses informasi. Acer optimis ASSA 2024 dapat membekali generasi muda Indonesia dengan keterampilan dan pengetahuan yang relevan, sehingga mereka siap menghadapi tantangan global di masa depan.

Acer Edu Tech 2024, yang diselenggarakan bersamaan dengan peluncuran ASSA 2024, bertujuan untuk memajukan pendidikan di Indonesia dengan tema “Mendorong Keberhasilan Pendidikan melalui Analisis Prediktif dengan Teknologi AI”. Acara ini menghadirkan praktisi pendidikan nasional dan berbagai pemangku kepentingan untuk berdiskusi dan berkolaborasi demi kemajuan pendidikan.

Riko Gunawan, Products & Solutions Director Acer Indonesia, menyatakan bahwa Acer yakin teknologi kecerdasan buatan (AI) dapat menjadi pendorong utama peningkatan kualitas pendidikan. Melalui Acer for Education, Acer berkomitmen mendukung transformasi pendidikan dengan menyediakan perangkat, solusi teknologi, layanan keamanan siber, dan platform pembelajaran Jelajah Ilmu. Acer berharap Acer Edu Tech 2024 menjadi wadah bagi pemangku kepentingan untuk berdiskusi, berbagi pengalaman, dan menciptakan solusi inovatif yang akan meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia.

Drs. Mochammad Ade Afriandi, M.T., Plh. Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, menyampaikan bahwa transformasi pendidikan harus mengikuti perkembangan teknologi. Penguasaan AI menjadi kunci dalam meningkatkan kualitas dan efektivitas pembelajaran. Dengan hadirnya Acer Edu Tech 2024, para pendidik dan pemangku kepentingan diharapkan dapat memanfaatkan AI dan analisis prediktif untuk mendorong peningkatan proses pembelajaran, sehingga membawa perubahan positif yang signifikan bagi pendidikan di Jawa Barat dan Indonesia.

Editor : Hasiholan Siahaan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut