get app
inews
Aa Read Next : Kenalkan Pendidikan STEAM, Sampoerna Academy Hadirkan Buku Cerita Berkualitas Karya Para Siswa

BINUS University dan Unpad Buka Program S1 Gelar Ganda di Bidang Perikanan dan Ilmu Kelautan

Sabtu, 05 Oktober 2024 | 10:58 WIB
header img
Digital Technology in Marine Science memadukan biologi kelautan dengan ilmu komputer, termasuk Internet of Things

JAKARTA, iNewsTangsel.id - BINUS University dan Universitas Padjadjaran (Unpad) memperkenalkan dua program studi baru jenjang Sarjana (S1) dengan gelar ganda (double degree) di bidang Perikanan dan Ilmu Kelautan. Program ini meliputi Digital Technology in Fishery dan Digital Technology in Marine Science, menjadikannya kolaborasi pertama di Indonesia antara perguruan tinggi negeri dan swasta untuk program double degree di tingkat Sarjana. Program gelar ganda ini resmi diluncurkan pada Kamis (3/10/2024) di Kantor Perwakilan Unpad, Jakarta.

Program ini hadir setelah peluncuran program double degree pada jenjang Magister di tahun sebelumnya, seperti Master of Digital Economy dan Master of Marine Digital Technology. 

"Program S1 double degree ini memberikan kesempatan bagi lulusan sekolah menengah untuk berperan dalam ekonomi maritim sejak dini. Dengan fondasi kuat di bidang kelautan dan teknologi, para mahasiswa diharapkan dapat berkontribusi pada inovasi di sektor tersebut," ungkap Rektor BINUS University, Dr. Nelly, saat peluncuran program kerja sama tersebut di Jakarta. 

Rektor Unpad, Prof. Rina Indiastuti, menekankan bahwa potensi besar perikanan dan kelautan Indonesia memerlukan tenaga ahli yang mampu mengintegrasikan teknologi digital dalam mengelola sumber daya laut. Dengan penerapan Ekonomi Biru, sektor ini berpeluang menciptakan lapangan kerja bagi 7 juta orang. Namun, Prof. Rina menyatakan, jika hanya mengandalkan metode konvensional, proses akselerasi akan sulit. 

"Oleh karena itu, riset dan inovasi digital harus dioptimalkan, salah satunya dengan kolaborasi Binus dan Unpad ini untuk nantinya melahirkan inovasi baru di bidang perikanan dan kelautan," ujarnya. 

Editor : Hasiholan Siahaan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut