TANGERANG, iNewsTangsel.id - Pemerintah Kabupaten Tangerang memastikan bahwa pelayanan publik di berbagai organisasi perangkat daerah (OPD) di wilayahnya berjalan dengan lancar dan normal pasca libur pergantian tahun. Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tangerang, Soma Atmaja, melakukan inspeksi mendadak di beberapa OPD untuk memastikan pelayanan tetap optimal pada hari pertama tahun 2025.
Soma Atmaja memulai pengecekan dengan mengunjungi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), yang menjadi rute pertama dalam inspeksinya.
"Tadi rute pertama, kita lakukan di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. Alhamdulillah, setelah dipantau secara langsung, layanan kependudukan berjalan normal dan lancar," ungkap Soma, Kamis (2/1/2025).
Selain itu, Soma juga mengungkapkan bahwa Pemerintah Kabupaten Tangerang berencana untuk terus memperbaiki layanan kependudukan dan catatan sipil bagi warga. Salah satu langkah yang dipertimbangkan adalah mendelegasikan sebagian layanan tersebut ke tingkat kecamatan agar pelayanan menjadi lebih efektif dan masyarakat dapat lebih nyaman dalam mengaksesnya.
"Kami akan membahasnya terlebih dahulu, Insya Allah dalam waktu dekat akan terlaksana," tambahnya.
Dalam pemantauan di Badan Pendapatan Daerah (Bapenda), Soma mencatat bahwa meskipun semangat masyarakat untuk membayar pajak di awal tahun masih terbilang rendah, pelayanan di sektor perpajakan tetap berjalan optimal. "Memang kalau di awal tahun belum begitu ramai semangat membayar pajak, karena biasanya masyarakat membayar pajak itu di akhir tahun," kata Soma.
Selain itu, Sekda Kabupaten Tangerang juga melakukan pengecekan di RSUD Tigaraksa, yang melayani pasien BPJS, baik rawat inap maupun pasien gawat darurat (IGD). "Alhamdulillah, di RSUD Tigaraksa ini sekarang sudah bisa melayani pasien BPJS. Tadi, bisa dilihat sendiri banyak pasien yang rawat inap dan IGD yang menggunakan BPJS," ungkap Soma dengan bangga.
Soma menambahkan, dengan semangat yang tinggi, seluruh pegawai di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tangerang diharapkan dapat memberikan pelayanan maksimal sepanjang tahun 2025. "Kami berharap, seluruh pegawai memiliki semangat yang lebih besar lagi dibandingkan tahun 2024, untuk melayani dan mengabdi kepada masyarakat dengan optimal," tegasnya.
Editor : Aris