get app
inews
Aa Read Next : Disdik Tangsel Siap Sanksi Sekolah yang Nekat Study Tour, Bagaimana dengan SDN Bakti Jaya?

Ada Makam di Tengah Jalan di Kota Purwokerto, Warga Tidak Tahu yang Siapa Dimakamkan

Sabtu, 26 Maret 2022 | 07:29 WIB
header img
Makam di tengah jalan di Kota Purwokerto, Banyumas, Jawa Tengah. (Foto: Agustinus Yoga Primantoro/ iNews.id)

ADA makam di tengah jalan di Kota Purwokerto, Banyumas, Jawa Tengah. Makam ini letaknya tak jauh dari pusat pemerintahan daerah Kabupaten Banyumas.

Sebuah bangunan dengan arsitektur kuno masih berdiri dengan kokohnya di tengah jalan. Terletak tepat di tengah simpang tiga Jalan Ragasemangsang, Kelurahan Sokanegara, Kecamatan Purwokerto Timur, Banyumas, Jawa Tengah sebuah bangunan berukuran 1,5x2 meter yang dipercayai oleh banyak orang sebagai makam, dan tidak berubah dari waktu ke waktu. 

Tidak ada yang tahu persis siapa orang yang dimakamkan di sana, yang jelas orang-orang meyakini bahwa itu adalah sebuah makam.

Secara teknis, sebelum bangunan kantor pemerintahan Kabupaten Banyumas berdiri, terdapat kawasan makam yang terbentang dari Pasar Pekih hingga lokasi makam Ragasmangsang berada. Kompleks pemakaman tersebut bernama Makam Kendang Gemulung. Setidaknya, sampai saat ini masih terdapat 8 makam yang masih ada di dalam Kantor Kabupaten. 

"Memang di (kantor) kabupaten ini ada sejumlah makam. Ada makam yang masih ada kijingnya. Di ruang arsip ada 6, di gedung pusaka ada 1, di belakang ada 1. Jadi, kabupaten ini dibangun di atas makam, namanya makam Kendang Gemulung yang luasnya mulai pasar Pekih sampai ke sini. Kalo dijumlah luasnya bisa sekitar 2 hektare. Kabupaten ini kan sekitar 1 hektare lebih. Kalo di sana Kendang Gemulung dan sini juga Kendang Gemlung berarti kan nyambung," ujar Deskart kepada iNews, belum lama ini.

Deskart juga menuturkan bahwa pada zaman dulu tanah makam maupun bekas candi dipercaya memiliki kewibawaan tersendiri sehingga di atasnya kerap dibangun pusat-pusat pemerintahan. 

"Zaman dulu, orang kalo bangun pusat-pusat pemerintahan untuk kewibawaan itu kalo nggak di atas candi ya di atas kuburan," lanjutnya.

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut