Wamenekraf: Ekraf Tanah Air Jadi Kebanggaan dan Mesin Pertumbuhan Baru Indonesia
Semangat optimisme ini bukan tanpa dasar, Irene Umar mengungkapkan bahwa ekonomi kreatif Indonesia kini telah menembus batas negara, merambah pasar internasional, dan produk-produknya telah memikat hati konsumen mulai dari Jepang hingga Rusia.
Untuk itu, para pelaku ekonomi kreatif dituntut kesiapan mental dan strategi matang dalam memasarkan produknya, dengan target utama merambah pasar ekspor dan berani menerima pesanan dalam skala besar dan ekosistem ekonomi kreatif Indonesia harus bisa dipetakan mencakup semua tahapan dari awal hingga akhir atau end-to-end agar bisa menang bersaing di kancah internasional.
“Indonesia bagaimana kita bisa menang di kancah internasional adalah end-to-end ekosistemnya harus kita petakan. Jadi sekarang dari segi regulasi dan dari segi marketing, itu kita harus melihat pasar, kita harus melihat end-to-end-nya,” kata Irene.
Editor : Hasiholan Siahaan