get app
inews
Aa
Read Next : Viral! Gojek Error Netizen Ramai Keluhkan di Twitter X

Pria Menikah dengan Kambing di Gresik, Kemenag: Nikah Adalah Ibadah, Jangan Dirusak Demi Konten

Jum'at, 10 Juni 2022 | 07:38 WIB
header img
Seorang pria menikah dengan kambing betina di Desa Jogodalu, Benjeng, Gresik, Jawa Timur, mendapat kecaman berbagai kalangan. (Foto : iNews.id/Agus Ismanto).

JAKARTA,iNews.id - Seorang pria menikah dengan kambing betina di Desa Jogodalu, Benjeng, Gresik, Jawa Timur, mendapat kecaman berbagai kalangan. 

Kementerian Agama menyebut tetap tidak sepantasnya dilakukan meskipun, telah terungkap maksud dan tujuan dibuatnya video pernikahan itu semata-mata untuk mendongkrak popularitas dalam mencari like agar bisa viral di jagat maya. 

Sekretaris Ditjen (Sesditjen) Bimas Islam Kementerian Agama (Kemenag), M Fuad Nasar berpesan agar masyarakat menjaga sakralitas pernikahan. Karena, kata Fuad, sakralitas pernikahan mencakupi hukum dan agama.

Hormati sakralitas lembaga pernikahan. Bangsa Indonesia dikenal sebagai bangsa yang agamis. Maka ketika bicara pernikahan atau perkawinan dalam pikiran bawah sadar tentu yang dimaksud pernikahan menurut hukum agama atau kepercayaan masing-masing, tidak ada selain itu,” ujar Fuad dikutip MPI dalam laman resmi Kemenag, Jumat (10/6/2022).

Dikatakan Fuad, pernikahan merupakan salah satu jalan ibadah guna mencari keridhoan tuhan. Sehingga, tidak sah dan tidak etis. Pasalnya, dalam pernikahan terdapat rambu-rambu yang ditentukan agama demi kemaslahatan manusia itu sendiri.

“Agama adalah roh bagi sebuah perkawinan. Bagi umat Islam, akad nikah sebagai landasan terbentuknya ikatan perkawinan disebut mitsaqan ghalizha (perjanjian suci yang kokoh),” ucapnya.

Seperti diketahui sebelumnya, Syaiful Arief (44) pemeran pria yang menikahi seekor kambing tak kuasa menahan tangis di hadapan para kiai dan tokoh masyarakat usai memberikan klarifikasi di gedung Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Gresik, Kamis (9/6/2022).

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Berita iNews Tangsel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut