Logo Network
Network

Bank Sampah Darling Kota Tangerang Mengadakan Program Kampungku Merdeka Sampah

Hasiholan
.
Jum'at, 11 Agustus 2023 | 11:31 WIB

TANGERANG, iNewsTangsel.id - Turut memeriahkan Kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia, Kampung Darling melalui Bank Sampah Darling mengadakan program Kampungku Merdeka Sampah. Dengan menukarkan sampah yang terpilah, masyarakat akan mendapatkan bonus voucher belanja produk UMKM yang ada di Kampung Darling. Program ini berlangsung sejak 6 sampai 27 Agustus 2023, di Bank Sampah Darling, RT. 004/RW. 011, Kelurahan Sudimara Jaya, Kecamatan Ciledug, Kota Tangerang.

Ketua Bank Sampah Unit Kampung Darling, Sobirin, mengungkapkan kegiatan ini rutin digelar sejak 2021, dalam menyambut hari kemerdekaan, dan pada moment-moment tertentu. Sesuai dengan temanya Semangat Rasa Kebersamaan (Semarak), program ini dilaksanakan agar selain menumbuhkan kesadaran masyarakat dalam memilah sampah, serta menjaga lingkungan, juga turut meningkatkan daya jual UMKM di wilayah Kampung Darling.

“Tentunya ini sebagai bentuk apresiasi kepada masyarakat yang peduli terhadap lingkungan. Terbukti, sejak di mulai 6 Agustus kemarin, kini nasabah Bank Sampah Darling bertambah menjadi 154 nasabah. Dan sudah sebanyak 50 lembar voucher belanja yang didapatkan warga. Artinya ini mendapatkan antusias dari masyarakat sekitar,” ujarnya.

Ia juga menerangkan voucher belanja senilai Rp10 ribu ini diberikan kepada nasabah yang melakukan penyetoran sampah terpilah minimal 10 kg berlaku kelipatan. Selain itu, untuk jenis sampah seperti botol kaca, kantong plastik asoy/kemasan, serta TV tabung tidak dapat berlaku dalam mendapatkan voucher tersebut. 

“Voucher belanja ini dapat digunakan di UMKM/Warung yang terdata, berlaku dari 6 Agustus hingga 30 September 2023. Serta program ini dapat dimanfaatkan bagi nasabah lama maupun baru. Dan untuk penyetoran sampah dapat dilakukan setiap hari Minggu pukul 08.00 – 12.00 wib,” imbuhnya.

Sementara itu, sebanyak 15 UMKM/Warung yang turut serta mendukung program ini. Salah satunya, Kartijah, pemilik warung sembako Icang Barokah, yang menerima penukaran voucher belanja dari nasabah Bank Sampah Darling. Ia mengaku senang bisa ikut serta dalam Semarak yang diadakan setiap tahun ini.

“Saya senang bisa turut mendukung program ini, apalagi ini bisa membantu meningkatkan penjualan diwarung. Alhamdulillah saya telah menukarkan 24 voucher yang sudah dibelanjakan warga sekitar di warung saya,” tutur Kartijah. iNewsTangsel/Tri Hadiyanto

Editor : Hasiholan Siahaan

Follow Berita iNews Tangsel di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.