Pertarungan Bisnis AMDK, Pakar Sebut bak David versus Goliath

Sazili M
Foodcourt Sempur Bogor kawasan UMKM pedagang kaki lima yang tadinya terlihat kurang layak menjadi sangat indah dan nyaman. Foto: Ist

JAKARTA, iNews.id - Pertempuran bisnis air minum dalam kemasan (AMDK) rupanya menarik perhatian berbagai pakar bisnis untuk turut memberikan analisisnya. 

Terbaru, konsultan manajemen dan inovasi kenamaan Dr. Indrawan Nugroho dalam kanal Youtubenya dengan nama yang sama mengulas persaingan bisnis di industri yang bernilai triliunan rupiah tersebut dan menyebutnya, bak perjuangan David versus Goliath, merujuk pada kisah legendaris di masa lampau yang menggambarkan pihak kecil, lemah dan tak diperhitungkan justru mampu mengalahkan musuhnya yang jauh lebih besar, kuat dan berpengalaman. 

Kisah tersebut belakangan menimbulkan David vs Goliath moment di berbagai bidang, termasuk bisnis. Misalnya, ketika merek baru hadir di pasar dan sukses merebut pangsa pasar pesaing lama, ini pun disebut momen David vs Goliath. 

Indrawan, founder dan CEO Corporate Innovation Asia (CIAS) dalam kanal Youtube-nya yang telah memiliki ratusan ribu subscriber menilai, para merek pendatang baru AMDK seperti Cleo, Club dan Le Minerale rupanya telah menggoyang kemapanan Aqua selaku pemimpin pasar. 

“Apa yang membuat kisah ini semakin menarik adalah karena adanya gerakan masif dan strategis dari para pemain kecil di industri ini yang berupaya untuk menggoyang kedigdayaan Sang Penguasa pasar. Ini adalah kisah, David versus Goliath,” jelas Indrawan dalam video Youtube yang bertajuk Ketika Si Kecil Melawan Raksasa AMDK. 

Siapa Tumbang? Yang diunggah pada 13 Juli 2023 di kanal Dr. Indrawan Nugroho. Video lengkapnya bisa disimak di tautan berikut ini, https://www.youtube.com/watch?v=q8wU0Ecl37Y&ab_channel=Dr.IndrawanNugroho. 
Pasar AMDK di Indonesia sendiri sangat masif.

Data dari Statista pun menyebut bahwa nilai pasar AMDK Indonesia di tahun 2022 mencapai US$ 10,24 miliar atau Rp 152 triliun di 2022 atau kelima terbesar di dunia yang digarap oleh 900 perusahaan dengan 2 ribu merek lebih. 

Editor : Sazili Mustofa

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network