Lomba Riset Sawit Tingkat Mahasiswa 2023 untuk Usulkan Proposal Diseleksi dan Didanai BPDPKS

Sazili M
Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) menyelenggarakan Web Seminar Call for Proposal untuk Riset Sawit Mahasiswa Tahun 2023-2024. Foto: Ist

BPDPKS memiliki program Grant Riset Sawit yang memberikan bantuan pendanaan untuk penelitian dan pengembangan. Program ini bertujuan untuk mendukung lembaga litbang pemerintah dan swasta dalam menjawab berbagai tantangan industri sawit melalui inovasi.

Bantuan dana untuk riset sawit diberikan kepada peneliti di bawah Lembaga Litbang dan mahasiswa. Hasil penelitian ini diharapkan dapat mendukung kemajuan industri kelapa sawit yang berkelanjutan dan ramah lingkungan, serta dapat menjadi referensi akademis untuk mendukung kebijakan pemerintah dan mengatasi isu negatif seputar kelapa sawit.

Arfie Thahar, STP., MM. sebagai Kepala Divisi Program Pelayanan dari BPDPKS juga hadir dan menyampaikan Mekanisme dan Tata Cara Lomba Riset Sawit Tingkat Mahasiswa.

Sejak tahun 2015, Program Grant Riset Sawit telah mendanai 293 kontrak perjanjian kerjasama dengan 78 lembaga litbang dan 80 Riset Mahasiswa yang melibatkan 950 peneliti dan 383 mahasiswa. Hasil riset tersebut telah dipublikasikan melalui jurnal nasional dan internasional, buku, dan melalui registrasi paten untuk melindungi Hak Kekayaan Intelektual (HaKI). Telah ada sekitar 243 jurnal yang dipublikasikan, 50 paten telah didaftarkan, dan 7 buku telah dicetak.

Meskipun ada perbedaan dalam jangka waktu penelitian antara Program Grant Riset Sawit yang bisa mencapai 3 tahun, dan Lomba Riset Sawit yang dilakukan dalam waktu sekitar 6-8 bulan dengan dana maksimal Rp20 juta, keduanya memiliki tujuan yang sama, yaitu mengatasi tantangan yang dihadapi oleh industri kelapa sawit melalui teknologi, produk unggulan, dan kajian sesuai lingkupnya.

Kegiatan Lomba Riset Sawit Tingkat Mahasiswa telah dilaksanakan sebanyak 4 kali pada tahun 2016, 2018, 2020, dan 2022.

Para pemenang Lomba Riset Sawit ini akan mendapatkan apresiasi berupa trofi dan uang tunai, dengan total hadiah Rp50 juta untuk pemenang pertama, Rp35 juta untuk pemenang kedua, dan Rp25 juta untuk pemenang ketiga.

BPDPKS membuka Call for Proposal untuk Lomba Riset Sawit Tingkat Mahasiswa hingga tanggal 31 Agustus 2023. Mahasiswa dapat membuat akun dan mengunggah proposal mereka melalui situs web https://lombariset.bpdp.or.id/. Semakin banyak generasi muda yang melakukan riset tentang kelapa sawit, semakin banyak pihak yang akan mengenal manfaat dari kelapa sawit.
 

Editor : Sazili MustofaEditor Jakarta

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network