ITPC Lagos Tampil di Nigeria Akhir Agustus Lalu, Sasar Pasar Muslim dan Undang ke Indonesia

Mochamad Ade Maulidin
Kepala ITPC Lagos Hendro Jonathan mengatakan PT Amerta Indah Otsuka menampilkan produk minuman ionik.

JAKARTA, iNewsTangsel.id - Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Lagos akan menyuguhkan produk makanan dan minuman bersertifikat halal pada pameran dagang Halal Expo 2023 pada 29-31 Agustus 2023 di Landmark Center, Lagos, Nigeria.

Selain itu Jakarta Muslim Fashion Week (JMFW) dan Trade Expo Indonesia di Indonesia pada 19-22 Oktober 2023.

ITPC Lagos membawa dua perusahaan dan organisasi diaspora Indonesia dan mengusung produk dan informasi pada stan ITPC Lagos. 

"PT Amerta Indah Otsuka menampilkan produk minuman ionik dan Indonesian Ladies Community (ILC) yang menampilkan berbagai makanan halal nusantara," kata Kepala ITPC Lagos Hendro Jonathan pada Selasa (5/9/2023).

Nigeria dan Indonesia memiliki populasi penduduk muslim yang besar..

Kedua negara memiliki badan sertifikasi halal yang diakui di luar negeri.

Paviliun Indonesia menjadi tempat favorit pengunjung. Hal ini terlihat dari 15 inquiry tertulis pengunjung stan ITPC Lagos untuk PT Amerta Indah Otsuka.

Nigeria memiliki jumlah populasi penduduk muslim lebih dari 100 juta jiwa, sehingga menjadi pasar potensial untuk produk-produk bersertifikat halal. 

Buyer halal Nigeria tidak perlu selalu melihat ke Paris, London, atau Dubai. Mereka bisa datang ke Indonesia untuk menyaksikan dan mencoba keunggulan dan keberagaman produk halal Indonesia. 

"Kami juga mengundang buyer Nigeria untuk hadir pada gelaran Jakarta Muslim Fashion Week (JMFW) bulan depan," ucap Hendro Jonathan 

Negara-negara lain juga mengikuti pameran inj Malaysia dan Turki. Keduanya juga memiliki badan sertifikasi halal yang diakui dunia.

"Dalam pameran ini, ITPC Lagos berkesempatan untuk membagikan regulasi halal di Nigeria dan juga berbagai keuntungan yang didapat oleh produk yang memiliki sertifikat halal di pasar Indonesia," ujarnya.

Berdasarkan Badan Statistik Nigeria (Nigerian Bureau of Statistics) menyebutkan populasi Nigeria berdasarkan agama terdiri dari Muslim sebesar 53,5 persen, Katolik sebesar 10,6 persen, Kristen sebesar 35,3 persen, dan kepercayaan lain sebesar 0,6 persen.

Dengan demikian, sertifikasi halal menjadi sangat penting untuk pasar Nigeria, terutama di Nigeria bagian Utara tempat mayoritas penduduk muslim Nigeria berada.

Berdasarkan data yang diolah kementerian Perdagangan, total perdagangan Indonesia dan Nigerian pada pada Januari sampai Juni 2023 sebesar US$2,14 miliar. 

Tren penurunan sebesar 5,28 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Ekspor nonmigas Indonesia ke Nigeria pada periode tersebut tercatat US$248,6 juta.

Sementara impor nonmigas Indonesia dari Nigeria US$59,9 juta. 

Ekspor nonmigas Indonesia tersebut meningkat 11,48 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Editor : Mochamad Ade Maulidin

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network