Perjuangan Wujudkan Akses Air Bersih dan MCK di Kabupaten Tangerang

Aris Dannu
The Spring Organization mewujudkan misi dalam memperjuangkan akses air bersih untuk digunakan keperluan sehari-hari warga di Kiijem dan Kidoso, Kabupaten Tangerang.

TANGERANG, iNewsTangsel.id - Lima siswa sekolah menengah atas (SMA) yang tergabung dalam The Spring Organization mewujudkan misi dalam memperjuangkan akses air bersih untuk digunakan keperluan sehari-hari, termasuk kebutuhan mencuci dan konsumsi/diminum.

Kelima siswa SMA tersebut adalah Mark Pramana, Kayson Sunjoto, Amanda Widjanarko, Bianca Goenawan, dan Christie Arianne Lim. Melalui The Spring Organization, mereka menggalang dana dari berbagai macam aktivitas dan melalui penjualan merchandise.

Setelah dana terkumpul, The Spring Organization bergerak ke Kampung Kiijem dan Kidoso di Kabupaten Tangerang, Banten untuk menyediakan akses air bersih dengan membangun sanitasi komunal berupa MCK (mandi, cuci, kakus).

Dalam waktu 1 bulan 10 hari, fasilitas air bersih pun tersedia di dua kampung ini dan diresmikan The Spring Organization pada Sabtu (4/11/2023).

Kayson Sunjoto, selaku Project Development Manager The Spring Organization menjelaskan, pemilihan kedua kampung ini didasarkan pada kondisi kali yang dialiri air dari Sungai Cisadane sudah tercemar dan tak laik konsumsi.

“Kami meresmikan sumur ke-7 dan 8 yang menjadi proyek The Spring. Kalau kita lihat kualitas air (di kali) itu dulu kotor sekali karena ada minyak, ada bakteri, dan chemical yang membuat kali mereka hitam,” kata Kayson dalam keterangannya, Minggu (5/11/2023).

Hadirnya sanitasi komunal membuat warga Kampung Kiijem dan Kidoso kini tak perlu lagi mengambil air kali yang sudah tak laik konsumsi.

“Sekarang orang-orang bisa menggunakan air bersih ini (dari sanitasi komunal). Ini jauh lebih nyaman dan bersih untuk orang-orang mandi, cuci baju dan lain-lain,” jelas Mark Pramana, CEO & Poject Manager The Spring Organization.

“Ini airnya dapat dari sumur, bukan dari air sungai (yang tercemar) lagi,” imbuhnya.

Keberadaan akses air bersih sebagai wujud kepedulian The Spring Organization mendapat sambutan baik warga setempat.

Di Kampung Kiijem, jumlah kepala keluarga (KK) yang merasakan manfaatnya bahkan terus bertambah, dari yang semula 6 KK, kemudian menjadi 30 KK. Sedangkan di Kidoso terdapat sekitar 73 KK.

Suwandi (38), pemilik lahan tempat berdirinya sanitasi komunal di Kampung Kiijem, mengatakan bahwa warga setempat menyambut bahagia keberadaan akses air bersih.

“Warga kami sebelumnya untuk mendapatkan akses air bersih harus ke kali yang airnya dialiri dari Sungai Cisadane. Tapi kali mulai tercemar sejak 2005, penyebabnya karena sampah, limbah. Jadi enggak layak lagi buat dikonsumsi,” kata Suwandi.

The Spring Organization berharap generasi muda dapat ikut berpartisipasi dalam kegiatan sosial ini dengan mengakses akun Instagram resmi @thespringorg.

Editor : Hasiholan Siahaan

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network