Demi Hukum dan Keadilan Anwar Usman Masih Berpeluang Kembali Jadi Ketua Mahkamah Konstitusi

Tim iNews Tangsel
Peneliti dan Praktisi Hukum Nimran Abdurrahman, SH.,MH. Foto: Dok

Pertama, menurut Nimran, sidang MKMK dilakukan secara terbuka, padahal menurut Peraturan Mahkamah Konstitusi (MKMK) harusnya tertutup. Kedua, putusan MKMK tidak memiliki kualifikasi sebagaimana putusan MKMK berdasarkan PMK Nomor 1 Tahun 2023, antara lain tertutupnya hak banding bagi Anwar Usman padahal telah diatur dalam PMK tersebut.
Lanjut menurut Nimran, meski ada yang menyatakan terdapat terobosan hukum dalam proses dan putusan MKMK, namun yang harus diketahui bahwa MKMK bukanlah hakim peradilan yang diberikan hak dan wewenang sesuai dengan asas dalam peradilan dan UU Kehakiman yang dapat memutuskan suatu perkara bahkan tidak ada aturannya. MKMK haruslah tetap bekerja berdasarkan UU, PMK dan Kode Etik di MKMK.

Dengan demikian, mestinya Hakim MK tidak langsung memutuskan pencopotan sebagai Ketua dan Pembatasan kewenangan sebagai Hakim Konstitusi terhadap Anwar Usman. Mestinya Hakim MK dalam rapat permusyawaratan hakim secara detail memeriksa dan memahami bahwa proses dan putusan MKMK sendiri tidak mematuhi UU dan PMK.

Bukannya langsung mencopot Anwar Usman dari jabatan ketua sekaligus membatasi kewenangannya sebagai hakim dalam ikut serta memutuskan berbagai perkara di MK.

Kedua, Putusan MKMK yang kembali menjatuhkan putusan melanggar kode Etik  terhadap Anwar Usman karena melakukan konferensi pers mengajukan gugatan kepada PTUN merupakan sidang dan putusan yang tidak menjunjung tinggi hak asasi Anwar Usman sebagai pihak yang merasa dirugikan atas keputusan Ketua MK dan eksistensi Lembaga Peradilan resmi PTUN yang harusnya juga dijunjung tinggi.

Ketiga, pencopotan Anwar ini sangat nampak politis. Kenapa demikian, karena sebelumnya beberapa hakim pernah dijatuhi sanksi etik, namun sanksi etik terhadap Anwar sangatlah berbeda dan penuh dengan keanehan.

"Karena itu, menurut hemat saya sebagai pegiat dan praktisi hukum, pengembalian jabatan Ketua MK dan kewenangan mengadili perkara terhadap Anwar Usman harus pulihkan atau harus dilakukan segera," Tutup Nimran dalam komentarnya

Seperti diketahui, Anwar Usman diputus melanggar kode etik MK oleh MKMK pada Selasa 7 November 2023, kemudian dengan dasar itu ia dicopot dari jabatannya sebagai Ketua MK pada Kamis 9 November 2023. Anwar kemudian kembali diputus melanggar kode etik oleh MKMK dalam putusan nomor 01/MKMK/L/03/2024, putusan 02/MKMK/03/2024, karena Anwar melakukan konferensi pers dan mengajukan gugatan di PTUN atas pencopotan dirinya sebagai Ketua MK.

Editor : Vitrianda Hilba SiregarEditor Jakarta

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network