Sungai Cisadane Meluap, Ratusan KK Warga Tangsel Mengungsi

Doni Marhendro
Sejumlah warga di Perumahan Pesona Serpong, Kademangan, Kecamatan Setu, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) terpaksa harus mengungsi. Pasalnya, wilayah tersebut terdampak luapan Sungai Cisadane.

TANGSEL, iNewstangsel - Sejumlah warga di Perumahan Pesona Serpong, Kademangan, Kecamatan Setu, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) terpaksa harus mengungsi. Pasalnya, wilayah tersebut terdampak luapan Sungai Cisadane.

Informasi yang dihimpun, ketinggian air di pemukiman warga tersebut mencapai sekitar 30 centi meter hingga 1 meter. Sehingga membuat Pemkot Tangsel terpaksa mengungsikan warganya, Sabtu (25/5/2024).

Salah satu warga, Rina mengaku ikut mengungsi lantaran air dari Sungai Cisadane sudah memasuki rumahnya sejak pagi tadi.

"Air sudah naik sejak pagi tadi. Ini sudah yang kesekian kalinya banjir," terang Rina kepada wartawan.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tangsel, telah merinci sebanyak 170 kepala keluarga (KK) harus mengungsi ke tempat lebih tinggi dan aman dari genangan air.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Tangsel, Essa Nugraha, mengatakan, banjir yang merendam perumahan tersebut dengan ketinggian berbeda-beda.

Namun, ia memastikan jika saat ini kondisinya telah surut dan berhasil mengevaluasi warga untuk mengungsi ke tempat lebih aman.

"Ada sekitar 170 KK lebih yang terdampak. Ketinggian air sejak pagi 70 sampai 80 sentimeter. Saat ini sudah mulai surut dan warga pun sudah ada yang kembali ke rumahnya masing-masing," kata Essa.

Sementara, Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Benyamin Davnie pun langsung meninjau korban banjir di lokasi. Benyamin memastikan bantuan dari Pemkot Tangsel telah didistribusi dengan baik ke masyarakat terdampak luapan Sungai Cisadane.

Saat melakukan peninjauan, Benyamin menyampaikan bahwa intensitas hujan yang melanda sangat tinggi terutama di daerah hulu yakni Bogor. Sehingga meluapnya Sungai Cisadane yang berdampak ke masyarakat.

Untuk itu, Benyamin Davnie bersama Dinas terkait segera mendistribusikan bantuan kepada masyarakat yang terdampak luapan Sungai Cisadane.

"Kami distribusikan bantuan berupa obat-obatan, bantuan untuk bayi, bantuan untuk sarana ibadah berupa sarung, mukena, sajadah dan sebagainya," terang Benyamin Davnie.

Editor : Hasiholan Siahaan

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network