Formasu Minta Gubernur Sumut Putra Asli Daerah Bukan Transfer Pemain

Vitrianda Hilba Siregar
Ketua Umum terpilih Forum Mahasiswa Sumatera Utara (Formasu) Jakarta, Anwar Siregar, menyatakan bahwa masyarakat Sumatera Utara merindukan pemimpin yang lahir dari putra asli daerah. Foto: Dok

JAKARTA, iNewsTangsel.id - Ketua Umum terpilih Forum Mahasiswa Sumatera Utara (Formasu) Jakarta, Anwar Siregar, menyatakan bahwa masyarakat Sumatera Utara merindukan pemimpin yang lahir dari putra asli daerah, bukan hasil "transfer pemain".

Menurut Anwar, jika gubernur benar-benar berasal dari putra asli Sumatera Utara, provinsi ini akan lebih maju. Menyikapi banyaknya bakal calon gubernur yang mendaftar, seperti Nikson Nababan, Anwar Siregar menyatakan bahwa Nikson Nababan masuk dalam kategori disebutkan tadi.

Hal ini didasarkannya pada keberhasilan Nikson Nababan dalam memimpin Tapanuli Utara, serta keberhasilannya membawa Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara meraih opini WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) sebanyak 10 kali berturut-turut.

Adapun pencapaian Nikson Nababan :
1. Peningkatan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Pada tahun 2014 saat pertama kali menjabat sebagai Bupati, Nikson Nababan mendapati APBD Taput hanya sebesar Rp841 miliar, dimana angka itu saat ini mengalami peningkatan yang sangat drastis sebagaimana ditetapkan dalam rapat RAPBD Taput untuk tahun 2024 adalah sebesar Rp1,507 triliun. 

2. Peningkatan Pendapatan per Kapita.
Di awal kepemimpinannya sebagai Bupati Taput pada tahun  2014, pendapatan per kapita masyarakat Taput hanya sebesar Rp18,67 juta per bulan hal ini berhasil ditingkatkan Nikson Nababan menjadi Rp24,33 juta per bulan pada tahun 2018. Sejalan dengan itu Nikson juga tercatat berhasil mewujudkan indeks pembangunan manusia di Taput sebesar 72,9 pada tahun  2024 ini. 

3. Penurunan Angka Kemiskinan. 
Selain itu selama kepemimpinan Nikson Nababan sebagai Bupati Taput, dirinya juga berhasil mengurangi angka kemiskinan yang sebelumnya pada tahun 2014 sebanyak 32.230 penduduk miskin, menjadi hanya 26.390 penduduk miskin di tahun 2023.

Dari pencapain  tersebut Anwar Siregar menganggap Nikson Nababan paling cocok jadi gubernur Sumatera utara, karna apa masyarakat Sumatera Utara merindukan pemimpin putra asli bukan bukan transfer pemain.

Editor : Vitrianda Hilba SiregarEditor Jakarta

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network