SMAN 9 Tangsel Jadi Sorotan, Tetap Terima Siswa Baru Walau PPDB 2024 Telah Selesai

Doni Marhendo
Kok itu bisa masuk, lewat jalur mana itu. Nanti akan kita lakukan klarifikasi ke sekolah

TANGSEL, iNewsTangsel.id -Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di SMAN 9 Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menjadi sorotan. Hal itu lantaran sekolah tersebut masih menerima siswa baru usai PPDB 2024 selesai.

Seperti diketahui, PPDB 2024 sudah selesai dan panitia PPDB 2024 di SMAN 9 Tangsel telah dibubarkan pada Sabtu 13 Juli 2024 lalu. Namun, justru informasi itu dimanfaatkan oknum guru sekolah untuk menerima siswa baru dari luar jalur.

Salah satu orang tua murid yang enggan disebut namanya mengaku bahagia. Hal itu lantaran anaknya bisa masuk SMAN 9 Tangsel, meski sebelumnya dianggap tidak lolos lewat jalur prestasi akademik.

"Senang, akhirnya anak saya bisa masuk meski sebelumnya tidak bisa. Namanya jangan disebut ya pak," pintanya, Jumat (26/7/2024).

Sementara salah satu siswa, sebut saja Bunga (nama samaran, red) ketika berbincang dengan wartawan menjelaskan jumlah murid di kelasnya. Menurut Bunga, ada 40 siswa di kelasnya saat ini dan 9 rombongan belajar (rombel).

"Kalau di kelas saya ada 40 siswa, kalau rombelnya ada 9 pak. Kelas saya kelihatan penuh pak, kan ada 40 siswa," kata Bunga ketika berbincang dengan wartawan.

Sementara, ketika dikonfirmasi terkait PPDB 2024, pihak SMAN 9 Tangsel enggan memberikan tanggapan. Bahkan Kepala Sekolah, Achmad Alwan Fatwani, lebih memilih diam ketika dihubungi melalui saluran seluler.

Meski begitu, Humas SMAN 9 Tangsel, Syaiful, pun lebih memilih menghindari awak media ketika dijumpai dilokasi sekolah. Syaiful lebih memilih mementingkan urusan pribadi dengan alasan membayar pajak kendaraan saat jam sekolah.

"Pak Syaiful lagi sholat pak. Tadi sudah saya sampaikan ke Pak Syaiful kalau ada yang mencari, tapi beliau keluar, katanya akan membayar pajak kendaraaan," jelas salah satu penjaga keamanan SMAN 9 Tangsel.

Terpisah, Sekretaris Dinas Pendidikan (Dindik) Provinsi Banten, Lukman, ketika dikonfirmasi terkait persoalan SMA 9 Tangsel belum dapat memberikan keterangan. Meski wartawan telah menghubunginya melalui telepon seluler.

Dengan adanya persoalan itu, Ombudsman RI Provinsi Banten, angkat bicara. Kepala Ombudsman Banten, Fadli Afriadi menegaskan bahwa sekolah tidak boleh menerima siswa baru saat PPDB 2024 selesai.

Menurut Fadil, sejatinya setiap sekolah secara sistemik mengunci pendaftaran baru begitu sudah terpenuhi kuota jumlah siswa yang diterima lewat proses PPDB. 

"Harusnya sudah di kunci, sehingga tidak ada celah bagi siswa baru di luar seleksi jalur zonasi, prestasi maupun afirmasi untuk didaftarkan sebagai siswa dalam sistem dapodik," terang Fadli Afriadi.

"Kok itu bisa masuk, lewat jalur mana itu. Nanti akan kita lakukan klarifikasi ke sekolah," jelasnya.

Informasi yang dihimpun, setiap sekolah termasuk SMAN wajib mengikuti aturan pada Pasal 24 Permendikbud No. 17 Tahun 2017 tentang jumlah peserta didik dalam satu Rombongan Belajar (Rombel).

Untuk aturan bagi SMA dalam satu kelas berjumlah paling sedikit 20 (dua puluh) peserta didik dan paling banyak 36 (tiga puluh enam) peserta didik.

Editor : Hasiholan Siahaan

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network