JAKARTA, iNewsTangsel.id - Untuk mengapresiasi kepercayaan pelanggan setia menggunakan layanannya, PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) meluncurkan aplikasi TJ:TransJakarta, di Jakarta, Rabu (18/9/2024) malam. Aplikasi tersebut dapat memberikan informasi secara real time keberadaan transportasi Transjakarta, mulai dari bus hingga mikrotrans. Selain itu, informasi rute dan jadwal, serta pembelian tiket secara online.
“Aplikasi terbaru ini dapat diunduh di perangkat Android dan iOS. Dengan aplikasi ini, pelanggan dapat merencanakan perjalanan dengan lebih efisien dan nyaman,” Direktur Utama Transjakarta, Welfizon Yuza pada acara Hero Serves Hero.
Menurutnya, pihaknya telah mencapai berbagai milestone penting. Sehingga pihaknya juga mengapresiasi pelanggan atas kepercayaan yang diberikan untuk terus setia menggunakan layanan. Salah satunya dengan terus berinovasi menghadirkan berbagai kemudahan untuk pelanggan.
“Aplikasi ini sebagai bentuk komitmen kami dalam meningkatkan kualitas layanan,” tegas Welfizon.
Dia menjelaskan, pihaknya berkomitmen untuk mengintegrasikan keberlanjutan di setiap sudut layanan, melalui kerangka program berkelanjutan Transjakarta Bersih, Berdaya, dan Bestari. Bersih, layanan transportasi yang bersih dan memperhatikan dampak lingkungan. Berdaya, pemberdayaan ekonomi lokal untuk tumbuh bersama. Dan Bestari, penyediaan ruang yang inklusif di dalam ekosistem armada ini.
“Penyediaan transportasi publik yang baik juga merupakan bagian dari tujuan Jakarta menjadi competitive global city. Karena itu, kami ingin Jakarta sejajar dengan kota-kota internasional lainnya. Apalagi, angkutan masa ini telah mengoperasikan 4.370 armada bus dan 2.968 mikrotrans di tahun 2024,” terangnya.
Dia menegaskan, pihaknya juga telah memperluas jangkauan layanannya dengan membangun 14 koridor dengan total panjang koridor yang mencapai 409 kilometer. Sehingga menjadikan salah satu sistem Bus Rapid Transit (BRT) terpanjang di dunia.
Adapun total jumlah rute yang telah dilewati layanan ini adalah 257 rute. Artinya, 89 persen dari total luas wilayah DKI Jakarta telah terlayani.
“Pencapaian tersebut diraih, salah satunya dengan melakukan transformasi digital berdasarkan customer-driven strategy yang mengutamakan kepuasan pelanggan. Waktu tunggu kedatangan bus juga lebih singkat. Pelanggan juga terus mengalami peningkatan. Tahun 2024, kami telah melayani lebih dari 1,3 juta pelanggan per harinya,” imbuhnya.
Pada acara ini, pihaknya juga menerima bantuan CSR dari Astra Toyota Motors, berupa 1 unit kendaraan Transcares untuk menambah layanan kepada pelanggan disabilitas. Apalagi, sebagai bentuk kepedulian terhadap pelanggan disabilitas, pihaknya selama ini telah menyediakan fasilitas yang ramah disabilitas baik di halte maupun di armadanya.
“Kami memiliki 26 unit armada cares yang dirancang khusus untuk pelanggan disabilitas,” bebernya.
Sementara itu, Asisten Perekonomian dan Keuangan Sekretariat Daerah Pemprov DKI Jakarta, Sri Haryati menambahkan, pihaknya menargetkan Jakarta menjadi top 20 Competitive Global City pada 2045. Saat ini Jakarta masih di rangking 70-an.
“Kami terus berkomitmen menjadikan Jakarta sebagai kota global salah satunya dengan menyokong dari sisi anggaran. Karena Pemprov DKI Jakarta saat ini sudah mensubsidi PT Transportasi Jakarta sebesat RP3,9 triliun atau 4,6 persen dari total anggaran APBD,” pungkas Sri.
Editor : Hasiholan Siahaan
Artikel Terkait