JAKARTA, iNewsTangsel.id - MR.DIY, sebagai pemimpin ritel peralatan rumah tangga terbesar dengan pertumbuhan tercepat, kembali menunjukkan komitmennya dalam menciptakan dampak sosial positif melalui berbagai inisiatif inklusif. Kali ini, MR.DIY mengadakan Pelatihan Digitalisasi UMKM secara hybrid bertajuk "MR.DIY Ada Aja Idenya: Digitalisasi Bisnis untuk UMKM Naik Kelas." Acara yang berlangsung pada Sabtu (9/11/2024), ini sekaligus dalam rangka memperingati Hari Pahlawan dan berhasil menarik partisipasi pelaku UMKM dari 37 provinsi di seluruh Indonesia.
UMKM merupakan pilar penting bagi perekonomian nasional, mencakup sekitar 99% dari total unit usaha di Indonesia. Kontribusi UMKM terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) nasional mencapai 60,51% dan menyerap hampir 97% dari total tenaga kerja di Indonesia. Namun, baru sekitar 22 juta atau 33,6% UMKM yang sudah go digital, sementara pemerintah menargetkan 30 juta UMKM go digital pada 2024. Dengan capaian saat ini, diperlukan upaya percepatan untuk mendorong adopsi digital oleh UMKM.
Edwin Cheah, President Director MR.DIY Indonesia, menyatakan, “MR.DIY menyadari bahwa UMKM adalah pahlawan tanpa tanda jasa bagi perekonomian Indonesia. Oleh karena itu, tahun ini kami kembali mengundang para pelaku UMKM untuk mengikuti pelatihan bisnis digital, dengan tujuan memberikan pemahaman terkait pemasaran digital hingga pengelolaan keuangan. Sejalan dengan tema kampanye MR.DIY ‘Ada Aja Idenya’ yang menekankan nilai Hemat, penerapan digitalisasi dapat membuat pelaku UMKM menjalankan kegiatan pemasaran yang lebih hemat, menarik, dan sesuai tren.”
Selain itu, para pelaku UMKM mendapat kesempatan belajar dari pengusaha yang sudah sukses, seperti Istafiana Candarini, Owner & Founder Kami Idea, brand fashion modest yang kini telah mendunia. Ia berbagi pengalaman dan tips dalam membangun brand yang berawal dari butik rumahan hingga mampu tampil di ajang internasional seperti New York Fashion Week. “Keberhasilan bisnis tidak lepas dari peran konsumen. Menentukan target pasar dan menjaga hubungan baik dengan konsumen sangat penting untuk memperluas jangkauan pasar. Sama seperti MR.DIY yang memenuhi kebutuhan konsumennya, pelaku UMKM juga perlu melakukan inovasi produk dan mendengarkan kebutuhan konsumen,” ungkapnya.
MR.DIY juga bekerja sama dengan PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) dalam memberikan sesi edukasi literasi keuangan dan bisnis digital kepada para pelaku UMKM. Yunita Chandrawati, Emerging Business Banking (EBB) Liabilities & Fee Income Product, and Performance Head CIMB Niaga, menyampaikan, “Kolaborasi CIMB Niaga dan MR.DIY dalam meningkatkan literasi keuangan serta bisnis digital merupakan upaya untuk membantu pelaku UMKM membangun fondasi pengelolaan keuangan yang lebih kuat. Pengelolaan keuangan yang baik akan berdampak positif pada pengembangan usaha. Langkah penting bagi UMKM, seperti berinvestasi dan menjaga stabilitas finansial, dapat membantu mempersiapkan masa depan usaha.”
Editor : Hasiholan Siahaan
Artikel Terkait