Saat Puasa Mungkinkah Resiko Kadar Kolesterol Jahat Naik?

Muhammad Sukardi
Rasa sakit ini menjadi tanda peringatan yang menunjukkan kadar kolesterol melonjak. (Foto/Harvard Health)

SAAT puasa resiko kenaikan kadar kolesterol jahat dalam tubuh bisa terjadi bila Anda mageran. Selain itu, asupan makanan yang tidak terkontrol juga jadi penyebab lain masalah ini.

Namun, ada cara mudah yang bisa Anda lakukan saat berpuasa untuk menjaga kolesterol tetap terkontrol. Bukan hanya tidak jadi generasi mageran, tapi ada upaya tambahan lain yang perlu dilakukan.
 
Dokter Spesialis Gizi Klinis RS Siloam Kebon Jeruk dr Sheena R. Angelia, Sp.GK menjelaskan cara mudah mengontrol kadar kolesterol jahat dalam tubuh agar tidak tinggi salah satunya dengan mengadopsi pola makan gizi seimbang.

"Pola makan gizi seimbang itu artinya, di atas piring makan Anda ada karbohidrat kompleks, protein, lemak baik, dan tinggi serat," terang dr Sheena dalam keterangan resmi yang diterima MNC Portal, Senin (28/3/2022).

Selain itu, tips lain yang perlu dilakukan saat berpuasa agar kondisi kesehatan terjaga secara prima adalah mengurangi konsumsi makanan-makanan dengan kandungan lemak jenuh yang berpotensi meningkatkan kadar kolesterol.

"Disarankan juga untuk mereka yang berpuasa agar tetap aktivitas fisik serta berolahraga selama 15-30 menit sebanyak 3-5 kali seminggu secara rutin. Plus, hindari merokok dan pengelolaan stress juga harus diperhatikan," tambah dr Sheena.

Editor : Vitrianda Hilba SiregarEditor Jakarta

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network