get app
inews
Aa Read Next : Menyambut Idul Fitri, Indosat Optimalisasi Jaringan di 531 titik dan 64 jalur Prioritas

Masjid Ini Jadi Saksi Bisu Sejarah Perjuangan Bangsa Indonesia

Selasa, 16 Agustus 2022 | 11:16 WIB
header img
Fajar menyinari sebuah masjid yang merupakan tempat ibadah umat Islam. Foto: Istimewa

MASJID dibeberapa daerah menjadi saksi bisu sejarah perjuangan bangsa Indonesia.  Banyak masjid beralih fungsi menjadi pusat komando dan basis perjuangan melawan penjajah.

Masjid-masjid tersebut hingga kini masih dirawat dan digunakan beribadah oleh kaum Muslimin. 

Berikut ini MNC Portal sajikan deretan masjid saksi sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia.

1. Masjid Raya Baiturrahman Aceh

Masjid Raya Baiturrahman Aceh.

Siapa yang tidak kenal dengan masjid ini? Masjid Raya Baiturrahman merupakan salah satu ikon dari kebudayaan Islam yang kental di wilayah Aceh.

Selain bangunannya yang ikonik, Masjid Raya Baiturrahman juga sarat akan nilai historis. Dalam perjalanannya, masjid ini pernah dibumihanguskan oleh Belanda saat serangan ke Koetaradja (Banda Aceh) pada 10 April 1873. Runtuhnya bangunan masjid memicu meletusnya perlawanan masyarakat Aceh. Mereka berjuang mempertahankan masjid hingga darah penghabisan.

Dalam pertempuran tersebut, pihak Belanda kehilangan seorang panglima yakni Major General Johan Harmen Rudolf Kohler pada 14 April 1873 akibat ditembak dengan menggunakan senapan oleh seorang pasukan perang Kesultanan Aceh yang kemudian diabadikan tempat tertembaknya pada sebuah monumen kecil dibawah pohon kelumpang yang berada di dekat pintu masuk sebelah utara Masjid Raya Baiturrahman.

Sebagai markas perang dan benteng pertahanan rakyat Aceh, Masjid Raya Baiturrahman digunakan sebagai tempat bagi seluruh pasukan perang Kesultanan Aceh berkumpul untuk menyusun strategi dan taktik perang. Sejarah mencatat bahwa pahlawan-pahlawan nasional Aceh seperti Teuku Umar dan Cut Nyak Dhien turut serta mengambil andil dalam mempertahankan Masjid Raya Baiturrahman.

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Berita iNews Tangsel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut