get app
inews
Aa Read Next : Guardian Lakukan Cek Kesehatan Gratis ke 27 Ribu Pelanggan di Bulan Ramadhan

Pemenuhan Gizi Seimbang bagi Tubuh Bagaimana Caranya? 

Minggu, 21 Agustus 2022 | 08:03 WIB
header img
Pemenuhan gizi seimbang bagi tubuh dibarengi hidup sehat dan berolahraga. (Foto: Ist)

"Karbohidrat yang tersimpan dan menumpuk akan menjadi lemak dalam tubuh, sehingga kita perlu kendali atas makanan dan minuman yang hendak dikonsumsi, ujarnya. 

Contoh lainnya, makanan pedas. Memang akan meningkatkan nafsu makan, namun apabila berlebihan makan, itu akan mengganggu lambung bahkan saluran pencernaan. Untuk saat ini belum ada rekomendasi batas konsumsi cabai atau makanan pedas untuk manusia setiap harinya. 

Selain itu, konsumsi natrium atau garam pun dianjurkan hanya satu sendok teh per hari." Ujar dr. Christopher. 

"Konsumsi gula buah yang berlebihan (fruktosa) juga  dapat menyebabkan asam urat. Dalam memenuhi prinsip nutrisi yang seimbang bagi tubuh, asupan apapun yang berlebih atau juga terlalu rendah sangat tidak direkomendasikan," bebernya.

Risiko penyakit yang ditimbulkan akibat asal ngunyah dapat menimpa siapapun. Penyakit diabetes militus, hipertensi, hingga obesitas menjadi efek samping jika  mengonsumsi makanan dan minuman yang berlebihan. 

Maka dari itu, cegah sebelum terlambat dengan cara sebagai berikut:

1. Takaran Makanan 'Piring Sehatku'
Dalam satu piring makanan hendaknya setengahnya (50%) mengandung buah dan sayur, seperempat (25%) protein, dilengkapi dengan seperempat (25%) karbohidrat kompleks yang terkandung dalam nasi, kentang, ubi , atau singkong. Dan juga hindari pengolahan makan dengan menggunakan lemak secara berlebihan. Hal ini bertujuan demi mendapatkan gizi yang seimbang bagi tubuh. 

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Berita iNews Tangsel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut