get app
inews
Aa Read Next : PINTU Gelar Ethereum Meetup Indonesia untuk Perkuat Developer Tanah Air

Upbit Dukung VerifyVASP Jadi Agen Validasi GLEIF untuk Tingkatkan Transparansi 

Selasa, 30 Mei 2023 | 16:31 WIB
header img
Ilustrasi investasi aset kripto. Foto: Dok iNewa.id

JAKARTA, iNews.id – Pada tanggal 25 Mei 2023 di Kota Basel, Global Legal Entity Identifier Foundation (GLEIF) mengumumkan bahwa VerifyVASP, penyedia solusi RegTech berbasis di Singapura yang merupakan Penyedia Layanan Aset Virtual (VASP), telah bergabung dengan Sistem LEI Global sebagai Agen Validasi.

VerifyVASP menjadi Agen Validasi pertama yang beroperasi secara eksklusif di ruang perdagangan kripto dan aset digital.

Sebagai Agen Validasi, VerifyVASP dapat membantu Legal Entity Identifiers (LEI) dari pengguna VASP dengan cepat dan efisien, termasuk Travel Rule Financial Action Task Force (FATF), yang bertujuan meningkatkan transparansi entitas perdagangan dalam kripto dan aset virtual lintas batas dan yurisdiksi.

Travel Rule ini bertujuan untuk mengurangi risiko terkait transfer aset virtual, terutama dalam hal identifikasi kepemilikan. Hal ini mewajibkan VASP untuk mengumpulkan, menyimpan, dan mengirimkan informasi yang diperlukan kepada penerima terkait transfer aset virtual guna mengidentifikasi dan melaporkan transaksi mencurigakan.

Shihyun Chia, CEO VerifyVASP, mengatakan, "Sebagai Agen Validasi, kami menggunakan data LEI untuk mempermudah identifikasi VASP dan rekanan, sehingga mendukung kepatuhan pengguna kami saat ini dan di masa depan."

"Counterparty Due-diligence merupakan salah satu tantangan utama yang dihadapi VASP karena tingkat informasi yang dibutuhkan oleh Travel Rule FATF. LEI membantu mendorong penerapan yang lebih luas dalam perdagangan aset virtual dan mengidentifikasi entitas yang konsisten, berkualitas tinggi, dan diakui secara global, yang sangat membantu pengawas pasar keuangan dan peserta lain dalam mengevaluasi risiko di pasar secara keseluruhan," tambahnya.

Editor : Sazili Mustofa

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut