get app
inews
Aa Read Next : Ribuan Ton Sampah Menumpuk Dibibir Pantai Labuan, Pencemaran Lingkungan Sangat Mengkhawatirkan

Peran Energi Biomassa, Masa Depan Sampah di Mata PT Shan Hai Map

Kamis, 24 Agustus 2023 | 08:52 WIB
header img
Ilustrasi biomassa. Foto: Ist

JAKARTA, iNews.id - Hingga saat ini, sumber energi utama di seluruh dunia masih berasal dari bahan bakar fosil. Namun, bahan bakar fosil ini tidak berkelanjutan dan bisa merusak lingkungan.

Menurut Lina, Ketua Panitia acara "Indonesia Renewable Energy Investment Summit 2023," biomassa adalah alternatif energi yang dapat membantu mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil serta mengurangi dampak negatifnya pada lingkungan.

"Biomassa adalah materi organik dari tumbuhan atau hewan. Biomassa bisa diubah menjadi berbagai produk, termasuk energi, bahan bakar, dan bahan kimia. Ini adalah sumber energi terbarukan yang membantu mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil," ujar Lina dalam keterangannya pada Kamis (24/8).

Lina melanjutkan bahwa biomassa bisa diubah menjadi energi melalui pembakaran, menghasilkan panas untuk listrik, pemanasan air, dan memasak.

Biomassa juga bisa diubah menjadi bahan bakar seperti biodiesel dan bioetanol. Biodiesel terbuat dari minyak tumbuhan atau lemak hewan, sementara bioetanol terbuat dari gula atau pati.

Biomassa memiliki peran penting di masa depan. Ini membantu mengurangi emisi gas rumah kaca, meningkatkan keamanan energi, dan menciptakan lapangan kerja.

Editor : Sazili Mustofa

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut