get app
inews
Aa Read Next : inDrive Dorong Perempuan Berdaya, Mandiri dan Menginspirasi

Tertarik Jadi ASN? Ini Syaratnya untuk Lulusan SMA Hingga S1, Perhatian Usia Anda

Selasa, 03 Oktober 2023 | 07:38 WIB
header img
Pendaftaran CPNS dan PPPK Tahun 2023. Foto: SindoNews

JAKARTA, iNewsTangsel.id - Bekerja sebagai Aparatur Sipil Negara atau PNS menjadi impian banyak orang karena banyaknya tunjangan dan impian hidup sejahtera.

Terkait hal itu, Pendaftaran CPNS 2023 telah dibuka hingga 9 Oktober 2023 dan hanya peserta yang memenuhi syarat yang bisa lulus seleksi.

Bagi Anda lulusan SMA, SMK, hingga S1 yang mengikuti seleksi, perhatikan kembali syarat CPNS 2023 berupa usia pelamar. Hal ini karena setiap instansi pemerintah yang membuka seleksi mencantumkan beberapa syarat CPNS 2023 khusus.

Pendaftaran CPNS 2023 dilakukan di website sscasn.bkn.go.id dengan cara membuat akun terlebih dahulu.

Setelah membuat akun, peserta harus mengisi data diri lengkap dan mengunggah dokumen persyaratan.

Berikut syarat dokumen yang harus disiapkan:
(1) Pasfoto;
(2) Foto selfie memegang KTP;
(3) Kartu bukti pembuatan akun;
(4) Ijazah;
(5) Surat akreditasi kampus;
(6) Surat pernyataan dan lainnya.

Syarat Pelamar CPNS 2023
Secara umum, pelamar yang bisa mendaftar CPNS 2023 adalah yang memenuhi syarat berikut ini.
a. Berusia paling rendah 18 tahun dan paling tinggi 35 tahun pada saat melamar;
b. Tidak pernah dipidana penjara berdasarkan putusan pengadilan dengan pidana penjara 2 tahun atau lebih;
c. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS, TNI, Polri, atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta;
d. Tidak berkedudukan sebagai calon PNS, PNS, TNI, atau Polri;
e. Tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik atau terlibat politik praktis;
f. Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan jabatan;
g. Sehat jasmani dan rohani sesuai dengan persyaratan jabatan yang dilamar;
h. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah NKRI atau negara lain yang ditentukan oleh instansi pemerintah.

Bagi Anda yang sudah melakukan pendaftaran di website sscasn.bkn.go.id, bisa memanfaatkan waktu sembari menunggu hasil seleksi administrasi CPNS 2023 dengan belajar materi tes SKD.

Mayoritas peserta seleksi masih bingung ingin mempelajari materi tes SKD yang seperti apa.
Oleh karena itu, ada baiknya Anda mencoba mengikuti kelas bimbingan belajar (bimbel) CPNS 2023.

Kini tersedia bimbel yang dapat diakses secara online dengan mudah dimanapun Anda berada tanpa perlu datang ke kelas offline. Ada beberapa pilihan bimbel CPNS 2023 online yang tersedia, salah satunya adalah JadiASN, sebuah aplikasi bimbel online persiapan tes CPNS dengan menggunakan metode cara cepat menjawab soal.

Aplikasi ini mulai dirilis sejak Agustus 2021 dan telah diakses oleh 370.000 pejuang CPNS se-Indonesia serta terbukti berpengalaman meluluskan peserta bimbel menjadi CPNS pada 2021.

JadiASN mudah diakses oleh semua orang hanya dengan mengunjungi website jadiasn.id atau bisa diunduh aplikasinya di playstore atau appstore.

CEO JadiASN, Aditya Pratama Ghifary mengungkapkan, antusiasme masyarakat untuk mendaftar bimbel CPNS di aplikasi ini sangat tinggi. Jumlah peserta bimbel CPNS tahun ini mencapai ratusan ribu orang, meningkat sebanyak 300 persen dibandingkan dengan tahun 2021.

"Aplikasi JadiASN menyediakan lebih dari 4.000 latihan soal CPNS yang telah disusun oleh master tutor JadiASN dengan berbagai variasi soal yang kemungkinan akan muncul dalam tes CPNS 2023,” kata Aditya melalui siaran persnya di Jakarta.

Program di Aplikasi JadiASN menurut dia membuka peluang untuk lolos CPNS 2023 semakin besar, karena peserta akan terbiasa mengerjakan latihan soal dengan berbagai variasi.

Sementara itu, keuntungan yang bisa didapatkan adalah live class eksklusif via Zoom, simulasi tryout, latihan soal, materi, dan grup diskusi.Live class eksklusif via Zoom bisa diakses secara gratis setiap Senin-Jumat pukul 19.00 WIB.Simulasi tryout akan memberi soal yang sudah disesuaikan dengan soal CPNS dan PPPK asli.Setiap dua pekan sekali akan ada tryout gratis akbar serentak yang infonya bisa didapatkan melalui grup gratis dan Instagram @jadiasnofficial.  

Latihan soal yang diberikan dijamin jelas, tidak bertele-tele, to the point, memberikan cara cepat, dan singkat.Materi yang diperoleh berupa video yang sangat mirip dengan tes CPNS asli lengkap dengan pembahasannya.  Grup diskusi dan belajar memudahkan peserta untuk saling berbagi informasi terkait update CPNS 2023.
 
“Setiap 2 minggu sekali akan diadakan Tryout gratis akbar serentak di mana infonya akan disampaikan di grup gratis dan instagram @jadiasnofficial,” ujar Aditya.

Bagi Anda yang sibuk, tersedia ratusan paket latihan soal CPNS yang bisa dikerjakan hanya dalam 10 menit.

Editor : Hasiholan Siahaan

Follow Berita iNews Tangsel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut