get app
inews
Aa Read Next : 3 Anggota Polres Metro Kota Tangerang Dipecat dengan Tidak Hormat, Ini Kasusnya!

Aliansi Mahasiswa Geruduk MK, Desak MKMK Ungkap Dugaan Soal Intervensi Wamen dan Oknum Istana

Kamis, 02 November 2023 | 23:35 WIB
header img

JAKARTA, iNewsTangsel.id - Sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Penjaga Kehormatan Mahkamah Konstitusi mendangi kantor Mahkamah Konstitusi (MK) untuk menyampaikan surat terbuka menyikapi kondisi pasca putusan MK soal batas usia minimal capres cawapres bersyarat yang menuai kontroversi.

Koordinator Aliansi Mahasiswa Penjaga Kehormatan Mahkamah Konstitusi, Aronn Tampubolon mengatakan, kedatangan para mahasiswa ke MK untuk menyuarakan dan meminta kepada Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi (MKMK) agar sidang kode etiknya dipertimbangkan secara baik.

"Poin yang kami sampaikan kepada MKMK mengenai putusan MK nomor 90 yang menimbulkan banyak konflik di masyarakat. Kami merasa malu, sedih dan marah ketika ada hakim MK yang dilaporkan ke Mahkamah Kehormatan," kata Aronn, di Jakarta, Kamis (2/11/2023).

Para mahasiswa mendesak MKMK mengungkap isu yang berkembang dan menjadi bola liar perihal dugaan adanya intervensi dari wakil menteri dan sejumlah oknum di Istana Kepresidenan untuk menekan Hakim MK dalam rangka mempengaruhi putusan No. 90.

"Mahasiswa meminta MKMK berani mengungkap Kebenaran dugaan intervensi Wakil Menteri dan pihak Istana pada Putusan MK No. 90," ujarnya.

Hakim MK, kata Aronn, seharusnya dalam memutuskan perkara memiliki 3 landasan yaitu landasan filosofis, yuridis dan sosiologis. Mahasiswi berharap agar MK dapat menjaga marwahnya dengan baik.

"Kami menolak putusan ini karena diduga ada kepentingan politik menjelang pemilu. Kami minta bongkar semua kejanggalan yang ada dan mengusut pihak pihak yang terlibat dalam pengkondisian dan yang terlibat melakukan intervensi terhadap Majelis Hakim Mahkamah Konstitusi pada perkara nomor 90 yang menjadi polemik hari ini," tandasnya.

Editor : Hasiholan Siahaan

Follow Berita iNews Tangsel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut