get app
inews
Aa Read Next : Moeldoko Center Berkomitmen untuk Membantu Masyarakat

Bakti Sosial 100 Operasi Katarak, Dalam Rangka Peringatan 165 Tahun Sekolah Santa Ursula Jakarta

Selasa, 05 Desember 2023 | 20:47 WIB
header img
Acara Homecoming ini menampilkan berbagai kegiatan menarik, inspiratif dan bermanfaat

JAKARTA, iNewsTangsel.id-Homecoming atau reuni keluarga besar sekolah Santa Ursula Jakarta yang diadakan pada 9 Desember 2023 merupakan rangkaian terakhir peringatan 165 tahun usia sekolah tersebut dan dihadiri oleh ribuan alumninya.

Acara ini mempertemukan berbagai alumni Santa Ursula yang sudah tersebar kemana-mana dan berkarier di berbagai bidang untuk berkolaborasi dengan suka cita menciptakan manfaat 

Menurut Inge Setiawati, Ketua Panitia Homecoming sekaligus Ketua INISANURPOSTA (Ikatan Alumni Santa Ursula Jalan Pos Jakarta) menjelaskan, “Tema Homecoming yang dipilih adalah ‘Reconnect, Rejoice, Revive’. ‘Reconnect’ berarti menyambung kembali tali silaturahmi alumni yang sudah tersebar di berbagai tempat dan bidang sekian waktu sehingga bisa terbangun kekompakan antar alumni, katanya di Jakarta, Selasa (5/12/2023). 

Sementara ‘Rejoice’ berarti berkumpul bersama di acara Homecoming, bersuka cita merayakan dengan berbagai aktivitas yang positif serta tidak lupa berbagi kepada para purnabakti guru dan karyawan.

‘Revive’ mengandung arti menghidupkan kembali semangat hidup ‘Serviam’ (saya mengabdi) seperti yang selalu diajarkan di sekolah Santa Ursula dan mengaplikasikannya secara luas dalam keseharian hidup alumni.” ujar Inge. 

Inge lebih lanjut menjelaskan tentang Ikatan Alumni Santa Ursula, “INISANURPOSTA (Ikatan Alumni Santa Ursula Jalan Pos Jakarta) aktif melakukan berbagai kegiatan yang menghimpun, mewadahi alumni Santa Ursula sehingga bisa menjadi ‘rumah’ yang nyaman bagi semua alumni.

Kami juga menaungi berbagai komunitas alumni. Ada 21 komunitas alumni yang terbentuk berdasarkan minat dan keahlian para alumnus, seperti Sanur Painters, Sanur Tech, Sanur Dance, Sanur Gardening, Sanur Wastra, Sanur Runners, Sanur Architect, dll. Komunitas-komunitas tersebut aktif mengadakan kegiatan termasuk juga pada acara Homecoming nanti.”

Sedangkan, Anton Sumardi, Kepala Sekolah SMA dan Ketua Panitia 165 tahun Santa Ursula menjelaskan, “Rangkaian peringatan 165 tahun sekolah Santa Ursula sudah dilakukan sejak Mei 2023 yang terdiri dari berbagai kegiatan, yaitu seminar, podcast, Pentas Seni berjudul “Revive to New Heights” pada 19 Agustus di Ciputra Artpreneur.

Open Campus berjudul KINARSA (Mendalami Eksplorasi Potensi Baru Indonesia) pada 9-10 September, Family Day 21 Oktober dan Homecoming 9 Desember 2023. ”Sekolah Santa Ursula tepat berusia 165 tahun pada 18 Januari 2024.

Sr. Moekti K. Gondosasmito OSU, Ketua III Yayasan Satya Bhakti, yayasan yang menaungi sekolah Santa Ursula mengatakan, “Adalah suatu kebanggaan dan rasa syukur bagi kami sekolah Santa Ursula bisa terus berkiprah dalam dunia pendidikan di Indonesia dan ikut berkontribusi mewarnai kemajuan bangsa melalui sumbangsih alumninya di berbagai bidang.” Sr. Moekti menambahkan.

“Sekolah Santa Ursula yang dimulai sejak 1859 bisa bertahan karena kemampuannya beradaptasi mengikuti perkembangan zaman. Adaptasi senantiasa dilakukan yang meliputi metode pengajaran, sarana dan prasarana, peningkatan kualitas guru, pendekatan pada anak didik.

Dan ini bisa terjadi karena kerja sama banyak pihak termasuk murid, orangtua murid, guru, karyawan, dan orang lain di sekitar kita."

Menurut rencana, acara Homecoming ini akan menampilkan berbagai kegiatan menarik, inspiratif dan bermanfaat yang para pengisi acaranya adalah alumni sekolah Santa Ursula yang ahli di bidangnya masing-masing, yaitu: Penampilan alumni seperti pemain harpa yang sekaligus penyanyi sopran professional Regina Handoko, juga ada bincang-bincang Rosianna Silalahi dengan Sr. Francesco Marianti, OSU pendidik legendaris Santa Ursula. 

Berbagai kegiatan yang diadakan oleh komunitas alumni antara lain workshop cara membuat tempe, ecoprint, berwastra (memakai kain), talkshow pentingnya budaya literasi; menghindarkan diri dari cyber crime.

Berbagai talkshow kesehatan oleh para dokter ahli dr. Caroline Tirtajasa Sp.OG (K), dr. Beatrice, dan dr. Stefani Anita, Sp.OT tentang tulang, terapi hormon, vaksinasi demam berdarah; talkshow bisnis tentang kesuksesan start up, pemberdayaan disabilitas.

Demo masak oleh Chef Degan (juri Master Chef Indonesia), bazaar produk UMKM, pop up market alumni, The Project Band dan DJDiskopantera.

Kegiatan antar alumni dan antar angkatan seperti lomba tari line dance, yel-yel, games, tebak lagu “Berpacu dalam Melodi”, “Sanur Got Talent”.Selain itu, juga dilakukan aksi sosial dalam bentuk penyerahan tali kasih kepada para purnabakti guru dan karyawan sekolah dan penggalangan donasi untuk acara bakti sosial 100 operasi katarak bagi masyarakat guru dan masyarakat sekitar yang akan diadakan pada Januari 2024.

Editor : Hasiholan Siahaan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut