get app
inews
Aa Read Next : Dirut PLN Icon Plus: Aplikasi PLN Mobile dapat Mengecek Lokasi SPKLU Terdekat Sepanjang Rute

Kaldera McDermitt Tanah Suci Suku Indian Amerika, Menyimpan 40 juta Ton Litium

Senin, 15 Januari 2024 | 19:56 WIB
header img
Eksploitasi litium dapat merusak ekosistem, menyebabkan penurunan air tanah, dan menghasilkan limbah dalam jumlah besar

NEVADA, iNewsTangsel - Deposit litium terbesar yang pernah ditemukan di dunia terletak di gunung berapi purba di perbatasan Nevada dan Oregon, Amerika Serikat.

Penelitian ini didukung oleh perusahaan pertambangan yang berencana mengeksploitasi logam lunak berwarna keperakan, meskipun hal ini masih mengundang kontroversi.

Kaldera McDermitt, sebagai harta karun tersebut, mengandung lebih dari dua kali lipat konsentrasi litium yang terdapat dalam lapisan tanah liat lainnya, dengan jumlah total mencapai sekitar 20 hingga 40 juta ton.

Sejumlah ilmuwan, pengamat lingkungan, peternak, dan warga First Nations merasa prihatin dengan persetujuan pemerintah AS baru-baru ini terkait tambang Thacker Pass Lithium di Kaldera McDermitt. Meskipun tempat tersebut dianggap suci oleh beberapa suku asli Amerika dan memiliki habitat satwa liar yang berharga.

Lithium saat ini sangat bernilai seperti emas bagi produsen mobil karena digunakan dalam pembuatan baterai kendaraan listrik, menjawab permintaan yang diprediksi mencapai jutaan metrik ton pada tahun 2040.

Editor : Hasiholan Siahaan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut