get app
inews
Aa Read Next : Ternyata Ponpes Al-Zaytun Tak Seburuk yang Orang Kira

Presiden Jokowi: Pembangunan Masjid Negara IKN Representasikan Kemajemukan Indonesia

Kamis, 18 Januari 2024 | 08:31 WIB
header img
Presiden Jokowi melakukan peletakan batu pertama Masjid Negara di kawasan IKN, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Rabu (17/01/2024) pagi. (Foto: BPMI Setpres)

KALTIM, iNewsTangsel - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melakukan groundbreaking Masjid Negara di kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN), Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, pada Rabu (17/01/2024) pagi. Beliau menyampaikan bahwa masjid dengan kapasitas 61 ribu jemaah ini mencerminkan keragaman Indonesia.

“Saya berharap Masjid Negara ini akan menjadi representasi kemajemukan Indonesia dan tempat yang nyaman bagi umat muslim untuk menjalankan berbagai aktivitas keagamaan dan sosial. Masjid ini diharapkan menjadi simbol toleransi dan moderasi beragama di Ibu Kota Nusantara kita,” ujarnya.

Selain Masjid Negara, Presiden menyatakan bahwa di kawasan IKN juga akan didirikan berbagai tempat ibadah lainnya, termasuk gereja katedral, wihara, pura, dan kelenteng.

“Hal ini akan memperlihatkan keberagaman kita, namun kita tetap menjaga kerukunan untuk membangun persatuan di negara kita,” tambah Presiden.

Presiden menjelaskan bahwa Masjid Negara, yang memiliki biaya konstruksi mencapai Rp940 miliar, diharapkan selesai pada akhir tahun 2024. Sarana ibadah ini akan dilengkapi dengan infrastruktur kawasan, termasuk jalan dan jembatan.

Editor : Hasiholan Siahaan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut