get app
inews
Aa Read Next : 3 Anggota Polres Metro Kota Tangerang Dipecat dengan Tidak Hormat, Ini Kasusnya!

Sandi Uno Apresiasi Hadirnya Nusa Food Guide, Platform Informasi Wisata Kuliner di Indonesia

Jum'at, 19 Januari 2024 | 07:13 WIB
header img

JAKARTA, iNewsTangselMenteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menyambut baik sekaligus memberikan apresiasi atas hadirnya Nusa Food Guide, sebuah platform informasi mengenai wisata kuliner di Tanah Air.

Sebagai informasi, berdasarkan dari BPS, pada tahun 2020 terdapat 1,51 juta unit usaha mikro-kecil yang bergerak pada industri makanan dan menjadi kontributor terbesar pada skala usaha mikro-kecil. Industri makanan ini juga berkontribusi dalam mendorong pariwisata di Tanah Air.

Terkait hal itu, NusaTrip sebagai agen perjalanan online berlisensi IATA dan merupakan anggota ekosistem Society Pass (Nasdaq: SOPA) di Asia Tenggara meluncurkan platform Nusa Food Guide. Platform ini secara lengkap menyajikan informasi destinasi kuliner di Indonesia, termasuk makanan-makanan otentik serta rumah makan berperingkat terbaik di berbagai provinsi di Indonesia.

“Kuliner menjadi alasan dari 63% wisatawan dalam berwisata. Karenanya kami terus mendukung dan mengembangkan program-program wisata gastronomi, termasuk yang telah kami lakukan di Ubud,Bali, di mana diproyeksikan menjadi prototipe gastronomi dunia. Karenanya, kami sangat mendukung dan mengapresiasi apa yang akan dilakukan oleh NusaTrip untuk meluncurkan Nusa Food Guide. Tentunya diharapkan dapat meningkatkan wisata perjalanan kuliner di Indonesia,” kata Sandiaga Salahuddin Uno, dalam keterangan tertulis, Kamis (19/1/2024).

Sementara itu, Chief Marketing Officer Nusatrip Anson Neo mengatakan, sejak didirikan tahun 2013, NusaTrip terus berkomitmen untuk mempromosikan Indonesia kepada wisatawan baik secara regional maupun global.

“Bersama lebih dari 10 mitra, kami telah menyediakan lebih dari 500 pilihan maskapai penerbangan dan 650.000 hotel di seluruh dunia. Kami terus berupaya meningkatkan kedatangan wisatawan asing ke Indonesia termasuk melalui program wisata kuliner yang akan kami inisiasi,” bebernya.

NusaTrip selama ini juga telah secara efektif melakukan pemasaran melalui kanal komunikasi multi-platform digital, termasuk berkolaborasi dengan komunitas eastnusatenggara.id untuk mempromosikan dan meningkatkan pariwisata di Nusa Tenggara Timur. Berangkat dari kesuksesan kolaborasi tersebut, NusaTrip berharap kolaborasi yang akan dilakukan dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif melalui Nusa Food Guide dapat turut meningkatkan pariwisata kuliner Indonesia.

“Nusa Food Guide dirancang sebagai wadah untuk memberikan informasi seputar wisata kuliner Indonesia. Kami akan menggandeng berbagai pemegang kebijakan, termasuk para Key Opinion Leaders dan UMKM untuk membuat beragam konten digital yang menjelaskan berbagai macam bahan baku makanan yang terkenal di Indonesia serta makanan khas di kota-kota Indonesia,” kata Rosa Milyarna, selaku Head of Marketing Nusatrip.

Mengawali kehadirannya, Nusa Food Guide akan mengangkat kekayaan kuliner dari provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Nusa Tenggara Timur, Bangka Belitung serta dari pulau Sumatera dan Sulawesi.

“Kami juga siap untuk menyediakan berbagai paket wisata termasuk penginapan serta wisata kuliner untuk mengakses berbagai acara yang diadakan di 5 destinasi wisata super prioritas Indonesia, termasuk perhelatan MotoGP di Mandalika International Sirkuit di Lombok,” demikian Rosa.

Editor : Hasiholan Siahaan

Follow Berita iNews Tangsel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut