get app
inews
Aa Read Next : CIMB Niaga Sasar Generasi Muda melalui OCTO Mobile

Tips Menghemat Pengeluaran Saat Momen Imlek Tiba

Jum'at, 09 Februari 2024 | 21:08 WIB
header img
Bagi masyarakat yang ingin membuka rekening tabungan melalui OCTO Mobile, hanya perlu mengunduhnya melalui App Store maupun Playstore. Serta dapat melakukan pendaftaran secara online tanpa perlu datang ke kantor cabang.

JAKARTA, iNewsTangsel.id- Jelang Tahun Baru Imlek, tentu kebutuhan berbelanja masyarakat yang merayakan Imlek semakin meningkat, apalagi momen tersebut identik dengan kegiatan berbagi. Meski demikian, kita harus tetap cermat dalam mengelola pengeluaran, jangan sampai euforia transaksi Imlek mengganggu stabilitas keuangan pribadi.

Agar bisa tetap hemat pengeluaran saat Imlek, yuk lakukan tips dari Head of Digital Banking, Branchless & Partnership PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) Lusiana Saleh berikut ini. 

1. Siapkan budget untuk kado dan angpao

Hal pertama yang bisa dilakukan untuk menekan pengeluaran Imlek adalah menyiapkan budget yang disesuaikan dengan kemampuan. Umumnya, pemberian angpao ini diambil dari dana kebaikan. Salah satu metode formula budgeting yang direkomendasikan Kementerian Keuangan Republik Indonesia, yaitu menggunakan prinsip 10 persen untuk kebaikan, 20 persen untuk dana tabungan, 30 persen membayar cicilan (jika ada), serta 40 persen membiayai kebutuhan. Dana angpao bisa diambil dari kategori kebaikan, yaitu 10 persen dari pendapatan. 

2. Utamakan memberi angpao ke keluarga & kerabat dekat 

Selanjutnya, prioritaskan memberi angpao kepada keluarga dekat terlebih dahulu, serta tetapkan jumlah untuk setiap orang. Berikan angpao berjumlah besar kepada orang tua dan kepada orang dewasa yang sedang kuliah atau bekerja. Biasanya, mereka lebih membutuhkan dukungan keuangan. 

3. Minimalisir pengeluaran untuk pernak-pernik 

Pernak-pernik memang bisa membuat suasana Imlek semakin meriah dan hangat. Akan tetapi, untuk lebih menghemat pengeluaran, urutkan kebutuhan pernak-pernik sesuai skala prioritas. Misalnya, hanya membeli dekorasi khas dan kurangi belanja pernak-pernik dekorasi yang tidak terlalu dibutuhkan, seperti pohon hiasan, petasan, hingga amplop angpao. Sebaliknya, gunakanlah pernak-pernik dekorasi tahun lalu (jika ada). 

Editor : Hasiholan Siahaan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut